Profil Tetty Paruntu, Bupati Minahasa Selatan Calon Menteri Jokowi

Hari Widowati
21 Oktober 2019, 13:03
calon menteri jokowi, profil bupati minahasa selatan, tetty paruntu, Christiany Eugenia Paruntu, kabinet jokowi-maruf
KATADATA/DIMAS JAROT BAYU
Bupati Minahasa Selatan Chistiany Euginia Paruntu (kedua dari kiri) datang ke Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (21/10).

Bupati Minahasa Selatan Christiany Eugenia Paruntu atau lebih dikenal dengan nama Tetty Paruntu terlihat mendatangi Istana Kepresidenan, Senin (21/10) pagi. Ia memakai baju putih dan celana panjang hitam dengan kacamata hitam membingkai wajahnya.

Kedatangan Tetty diperkirakan erat kaitannya dengan rencana Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan susunan Kabinet Kerja periode kedua. Ia dikabarkan akan menempati pos sebagai menteri sosial. Siapakah Tetty Paruntu?

Advertisement

Tetty lahir di Manado, 25 September 1967. Politisi dari Partai Golkar ini adalah putri dari mantan Rektor Universitas Sam Ratulangi, Jopie Paruntu sedangkan ibunya adalah Jenny Y. Tumbuan. Tetty menempuh pendidikan sekolah dasar hingga sekolah menengah pertama di Bogor.

(Baca: Jelang Pengumuman Kabinet, Nadiem, Mahfud & Bupati Minahasa ke Istana)

Sekolah di Luar Negeri

Ia melanjutkan sekolahnya ke Harry Carlton Comprehensive School di Notingham, Inggris. Tetty juga tercatat pernah belajar di jurusan Manajemen Bisnis, Pitman College serta jurusan Sistem Informasi Manajemen di West London College. Setelah kembali ke Indonesia, Tetty melanjutkan pendidikan formalnya di Institut Pengembangan Sumber Daya Manusia Mayagita-LPI.

Di usia yang tergolong muda, Tetty terjun ke tiga bidang sekaligus, yakni sebagai pengusaha, politisi, dan pekerja sosial. Tetty terlibat sebagai pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar dan wakil bendahara I Partai Golkar Sulawesi Utara. Di bidang sosial, ia aktif di beberapa lembaga seperti Eugenia Ministry, Lions Club Jakarta, dan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Jakarta Selatan.

Tetty juga memimpin sejumlah perusahaan. Ia pernah menjadi presiden direktur PT Chandra Ekakarya Pratama yang bergerak di bidang produksi komponen listrik. Ia juga menjadi direktur di PT Partim Indomakmur, Komisaris PT Trutama Star, dan presiden direktur PT Puspita Adhiniaga Indonesia.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement