Dikepung Kabut Asap, Warganet Lambungkan Tagar Save Palembang

Hari Widowati
14 Oktober 2019, 15:05
save palembang, kebakaran hutan dan lahan, asap karhutla, kabut asap palembang, kabut asap palembang berbahaya, penerbangan terganggu
ANTARA FOTO/Mushaful Imam
Pesawat terbang milik salah satu maskapai penerbangan swasta lepas landas di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang yang tertutup kabut asap di Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (9/10/2019). Sebanyak delapan penerbangan tertunda dan gagal mendarat di Bandara SMB II Palembang akibat tertutup kabut asap.

Kota Palembang tengah dikepung kabut asap hasil kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Pemerintah daerah meliburkan sekolah-sekolah dan mengimbau masyarakat tidak keluar rumah tanpa masker. Ratusan penumpang telantar di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, Palembang karena sejumlah penerbangan tertunda oleh kabut asap tebal.

Tagar #SavePalembang menempati urutan teratas dalam trending topic linimasa Twitter di Indonesia. Menurut pantauan Katadata.co.id, tagar tersebut telah dicuitkan sebanyak 9.276 kali oleh para pengguna Twitter hingga pukul 14.30 WIB. Berdasarkan pantauan di situs Airvisual.com, kualitas udara di Palembang mendapatkan skor 157 atau tidak sehat pada pukul 14.00 WIB. Bahkan, sempat mencapai 232 yang menunjukkan kualitas udara Palembang berbahaya pada pukul 08.00 WIB.

Advertisement

Executive General Manager Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II, Fahroji, mengatakan 26 jadwal penerbangan yang meliputi 14 jadwal keberangkatan dan 12 jadwal kedatangan terganggu oleh kabut asap. "Ada satu pesawat Air Asia dari Malaysia terpaksa putar balik lagi ke Malaysia dan pesawat Sriwijaya Air dari Jakarta terpaksa putar balik lagi ke Jakarta. Satu pesawat Wings Air dari Pekan Baru dialihkan ke Jambi karena tidak bisa mendarat di Palembang," kata Fahroji seperti dilansir Antara, Senin (14/10).

Kabut Asap di Palembang
Kabut Asap di Palembang (ANTARA FOTO/Mushaful Imam)

Kabut asap yang terjadi pada Senin pagi lebih parah dibandingkan peristiwa sebelumnya selama 2019. Jarak pandang di landasan bandara SMB II turun sampai di bawah ambang batas hampir empat jam lamanya. Fahroji mengatakan, jarak pandang di landasan bandara SMB II pada pukul 05.00 WIB masih mencapai 1.500 meter kemudian turun drastis menjadi 50 meter pada pukul 06.30 WIB. Jarak pandang membaik menjadi 1.000 meter pada pukul 10.00 WIB.

"Terkait jarak pandang itu Airnav sudah mengeluarkan lima Notice to Airman (Notam) sebagai panduan bagi bandara-bandara lain yang memiliki penerbangan ke Palembang," ujar Fahroji. Penundaan penerbangan paling lama dialami oleh pesawat Batik Air rute Palembang-Jakarta, yang seharusnya berangkat pukul 05.50 WIB namun baru bisa terbang pukul 10.20 WIB atau tertunda 263 menit.

Penundaan kedatangan terlama dialami oleh pesawat Citilink rute Batam-Palembang, yang seharusnya mendarat pukul 08.05 WIB namun baru tiba pukul 11.27 WIB atau tertunda 211 menit. Akibat gangguan jadwal penerbangan di bandara Palembang, ratusan penumpang memenuhi ruang tunggu bandara. Pengelola bandara membagikan masker dan air mineral kepada penumpang yang jadwal penerbangannya terganggu.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement