Para Pedagang yang Menangguk Untung saat Listrik Mati Massal

Image title
Oleh Abdul Azis Said
5 Agustus 2019, 20:18
listrik mati, pemadaman listrik PLN, pemadaman bergilir, penjualan genset saat listrik mati, alat penerangan, lilin, lampu emergency
ANTARA FOTO/Fauzan
Pedagang melayani calon pembeli generator listrik di Pasar Anyar, Tangerang, Banten, Senin (5/8/2019). Gangguan listrik sejak Minggu (4/8) hingga Senin (5/8), membuat permintaan generator listrik yang dijual Rp4 juta - Rp5 juta per buah, meningkat dari hari biasanya.

Pemadaman listrik PLN di area Jabodetabek dan Jawa Barat pada Minggu (4/8) berdampak terhadap terhambatnya pasokan listrik bagi 21,3 juta penduduk Indonesia. Sebagian besar masyarakat mengeluhkan hilangnya penerangan dan terhambatnya aktivitas sehari-hari. Namun, ada juga beberapa orang yang meraup untung dari kondisi tersebut.

Setidaknya ada tiga barang yang paling banyak dicari masyarakat di saat listrik mati mulai dari lilin hingga genset dan lampu penerangan darurat. Berikut ini informasi yang Katadata.co.id kumpulkan dari berbagai sumber

1. Lilin, Sumber Penerangan Paling Ekonomis

Alat penerangan yang banyak dicari masyarakat ketika listrik padam adalah lilin. Biasanya, lilin bisa dengan mudah didapatkan di toko-toko kelontong maupun minimarket. Ketika listrik mati melanda Jabodetabek dan Jabar, lilin seolah langka. Beberapa warga masyarakat kesulitan mendapatkan lilin karena sudah habis terjual.

Toko kelontong yang menyediakan lilin langsung diserbu pembeli. Selain membeli dari toko kelontong atau minimarket, masyarakat juga bisa mendapatkan lilin di sejumlah platform belanja daring (e-commerce). Contohnya di Tokopedia, harga satu pak lilin putih dengan panjang 10 cm dan diameter 1 cm dan berisi delapan batang dibanderol sebesar Rp 10.500.

Lilin besar yang berdiameter 4,5 cm dan tinggi 25 cm dijual seharga Rp 48 ribu per batang. Lilin ini biasanya dipakai untuk kepentingan ibadah. Adapun lilin elektrik yang menggunakan lampu LED bisa ditemukan di situs belanja daring dengan harga mulai dari Rp 3.500 per unit, belum termasuk baterai.

(Baca: Sembilan Kebakaran Landa Jakarta Minggu Malam hingga Senin Dini Hari)

2. Genset, alternatif penyedia listrik berbahan bakar solar

Saat terjadi pemadaman listrik, genset menjadi salah satu barang yang paling dicari masyarakat. Masyarakat yang memiliki usaha kecil atau rumah tangga biasa pun membutuhkan genset agar tak perlu merasakan dampak pemadaman listrik. Tidak mengherankan jika para pedagang elektronik yang menjual genset mengaku barangnya ludes terjual.

Jika memantau penjualan genset yang ada di Tokopedia, peralatan listrik ini dijual dengan harga yang beragam dengan spesifikasi yang beragam pula. Yang termurah mulai dari harga Rp 1 jutaan berupa genset mini dengan kekuatan 750 watt. Jenis yang termahal harganya bisa mencapai belasan juta rupiah dengan kapasitas listrik yang dihasilkan 3.000 watt.

Seperti dikutip dari Kompas.com, sejumlah toko di pasar Proyek, Bekasi melaporkan penjualan mereka meningkat berkali-kali lipat setelah aliran listrik di wilayah Bekasi dan kota-kota lainnya di sekitar Jakarta terputus."Ya dari kemarin ada ratusan juta rupiah omsetnya. Biasanya kita seminggu paling dua sampai tiga unit yang terjual," ujar Abun, salah satu pedagang elektronik.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...