Mengenal Nur Asia Uno, Istri Sandiaga yang Ramaikan Pilkada Tangsel

Dwi Hadya Jayani
31 Juli 2019, 19:22
calon wali kota Tangsel, Nur Asia Uno, istri Sandiaga Uno calon wali kota Tangsel, profil istri Sandiaga Uno
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Sandiaga Uno dan istrinya, Nur Asia Uno, dalam syukuran di Sekretariat Nasional Prabowo - Sandiaga, Menteng, Jakarta Pusat (7/1).

Pemilihan wali kota Tangerang Selatan 2020-2025 bukan hanya diramaikan oleh putri Ma'ruf Amin, Siti Nur Azizah. Nur Asia Uno, istri Sandiaga Uno, juga disebut-sebut sebagai salah satu calon yang akan mengikuti pemilihan tersebut. 

Wakil Ketua Umum Dewan Pembina Pusat (DPP) Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, mengusulkan Nur Asia karena dinilai mumpuni dalam kepemimpinan. "Kota Tangsel tidak resisten terhadap pemimpin perempuan. Tangsel membutuhkan orang yang kreatif, teliti, dan inovatif karena pembangunannya cepat," kata Sufmi Dasco.

Advertisement

Nur Asia Uno, yang akrab disapa Mpok Nur ini, mengenal Sandiaga sejak di bangku SMP di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Wanita kelahiran 28 November 1970 ini juga pernah mengenyam pendidikan tinggi di Stillwater, Oklahoma. 

Ia aktif di berbagai kegiatan sosial, seperti penyuluhan penanggulangan kanker dalam rangka memperingati Hari Kanker Sedunia pada 2019. Kegiatan ini ditujukan bagi kaum ibu, khususnya yang bermukim di kawasan Cempaka Baru, Jakarta Pusat, pada Rabu (6/2). Ia mengimbau kepada masyarakat untuk meningkatkan kepedulian terhadap pola hidup sehat dan melakukan deteksi kanker sedari dini.

Nur Asia juga pernah menjadi narasumber dalam diskusi publik Hari Gizi dan Makanan Nasional 2019 yang membahas mengenai stunting, di Rumah Djoeang Prabowo-Sandi, Jakarta Selatan pada Jumat (25/1). Selain itu, ia pernah mengikuti kegiatan bakti sosial berupa pemeriksaan kesehatan dan penyuluhan mengenai narkoba yang diadakan oleh komunitas Alumni Universitas Indonesia (UI). Kegiatan ini meliputi pemeriksaan mata, telinga, kebidanan, serta pemberian kacamata dan obat-obatan. Ia mengatakan, keikutsertaannya dalam kegiatan tersebut merupakan wujud kontribusinya untuk meningkatkan wawasan dan mengajak masyarakat hidup sehat.

Meskipun memiliki berbagai kesibukan, Nur Asia pandai membagi waktu antara keluarga, kegiatan sosial, hingga politik. Atas dedikasinya, ia dinobatkan sebagai The Most Inspiring Muslimah oleh Scarf Media. Temi Sumarlin, CEO Scarf Media, mengatakan penghargaan tersebut diberikan kepada Nur Asia karena banyak kegiatan sosial yang dilakukannya sebelum dan sesudah menjadi istri gubernur. “Alhamdulillah, saya juga tidak menyangka kalau saya dinobatkan sebagai The Most Inspiring Muslimah,” ujarnya, di Jakarta Halal Things 2018, Jumat (30/11/2018).

(Baca: Putri Ma'ruf Amin, Ahli Hukum di Bursa Calon Wali Kota Tangsel)

Pemimpin Emak-emak dalam Kampanye Pilpres 2019

Sejak karier politik Sandiaga Uno makin melejit, Mpok Nur setia menemani suaminya berkampanye sehingga semakin dikenal oleh masyarakat luas. Ia turut aktif mengkampanyekan pasangan calon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno kepada masyarakat, terutama emak-emak di berbagai daerah pada Pilpres 2019. Tidak heran ia dijagokan menjadi calon wali kota Tangsel karena emak-emak pendukung Prabowo-Sandiaga di daerah tersebut cukup banyak. 

Beberapa kali Mpok Nur hadir dalam kampanye didampingi suaminya. Mpok Nur pernah memaparkan visi dan misi Prabowo-Sandiaga di Butik Beescarf Hijab, Sidoarjo. Ia menyemangati emak-emak dengan menyebut mereka sebagai kaum yang kreatif dan mandiri. Para wanita yang memiliki usaha kecil merupakan target program utama Prabowo-Sandi untuk memperbaiki perekonomian rakyat. “Kalau perlu, usaha emak-emak Sidoarjo ini diekspor ke luar negeri,” kata Nur Asia seperti dikutip dari Detiknews.com.

Tidak hanya itu, Mpok Nur turut menyuarakan agar masyarakat menggunakan hak suara serta mengawal jalannya Pemilu. Ia mengimbau para milenial untuk mengajak teman sebayanya agar tidak golput dalam Pemilu 2019. Pada kesempatan yang sama, Mpok Nur turut mengimbau emak-emak untuk menjaga Tempat Pemungutan Suara (TPS). Saat menghadiri jaringan Alumni SMA-SMK Indonesia Prabowo-Sandiaga (JASMA PADI) di Sentul International Circuit, Sabtu (2/3), ibu tiga anak ini berpesan untuk melaporkan setiap bentuk kecurangan kepada pihak berwajib.

Halaman:
Reporter: Dwi Hadya Jayani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement