Sriwijaya Air Tutup 6 Rute, Maskapai Ini Juga Pernah Buka-Tutup Rute

Ameidyo Daud Nasution
16 Juli 2019, 19:48
penutupan rute penerbangan domestik, Sriwijaya Air tutup rute penerbangan, rute penerbangan yang ditutup di mana saja?
ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana
Sejumah wisatawan menyaksikan pergerakan pesawat di landasan pacu Bandara Ngurah Rai dari Pantai Patra Bali, Kuta, Selasa (15/5). Sriwijaya Air dan Garuda Indonesia menutup beberapa rute penerbangan yang dianggap kurang menguntungkan.

Maskapai penerbangan mulai memangkas rute sebagai bagian dari efisensi operasional perusahaan. Yang terbaru, Sriwijaya Air memutuskan menghentikan lima hingga enam rute penerbangan domestik untuk mengejar target laba bersih Rp 300 miliar tahun ini.

Direktur Niaga Sriwijaya Air, Joseph Dajoe K. Tendean, mengatakan efisiensi perlu dilakukan, apalagi Sriwijaya baru merugi Rp 1,2 triliun pada 2018. Dengan efisiensi, Sriwijaya memproyeksikan pendapatan maskapai milik keluarga Lie tersebut tumbuh paling tidak 3% tahun ini. 

"Ada sekitar 5-6 (rute) yang kami pangkas," kata dia. Beberapa rute yang dimaksud adalah Jakarta-Banyuwangi, Makassar-Merauke, dan Merauke-Nabire. Sriwijaya berencana menggantikan rute yang ditutup tersebut dengan rute baru, seperti Medan-Surabaya, Jakarta-Manado-Sorong, dan Surabaya-Samarinda. 

(Baca: Lakukan Efisiensi, Sriwijaya Air Kejar Target Laba Rp 300 M Tahun Ini)

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, evaluasi rute ini perlu dilakukan agar maskapai dapat terus beroperasi. Hal senada disampaikan Direktur Utama Garuda Indonesia I Gusti Ngurah Askhara dalam rapat dengar pendapat di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, beberapa waktu lalu. Garuda telah menutup dua rute, yakni Denpasar (Bali) - Mumbai dan Belitung - Singapura lantaran subsidi dari Kementerian Pariwisata tak kunjung cair. 

"Itu karena Rp 8 miliar yang dijanjikan Kemenpar tak diberikan," kata pria yang akrab disapa Ari ini. Garuda juga mengurangi frekuensi penerbangan internasional Jakarta - London dan Jakarta Amsterdam meski tidak menutup sepenuhnya rute tersebut.

Garuda juga menyebut penurunan Tarif Batas Atas (TBA) sebesar 15% yang diinstruksikan pemerintah beberapa waktu lalu membuat maskapai tak mampu lagi memberikan subsidi untuk rute-rute tertentu. "Jadi, dampaknya cukup banyak untuk penurunan tarif ini, tapi kalau untuk tujuan Eropa, kami tidak terlalu pusing," kata Ari, Selasa (21/5), seperti dikutip CNNIndonesia.com.

Maskapai PenerbanganRute yang Ditutup
Garuda IndonesiaBali-Mumbai (India)
 Belitung-Singapura 
Sriwijaya AirMerauke-Nabire
 Jakarta-Banyuwangi
 Makassar-Merauke

Sumber: Riset Katadata

Garuda Indonesia sebelumnya juga menutup rute Medan - Gunung Sitoli, Jakarta - Silangit, Surabaya - Jember, hingga Manokwari - Sorong - Jayapura. Namun penutupan dilakukan karena perusahaan mengalihkan penerbangan tersebut kepada anak usahanya, yakni Citilink dan Sriwijaya Air.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...