Antam Novambar, dari Bareskrim Menuju Kursi Pimpinan KPK

Hari Widowati
24 Juni 2019, 09:37
Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan Pansel KPK di Istana Negara, Jakarta, Senin (17/6).
JAY/Humas Kepresidenan
Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan Pansel KPK di Istana Negara, Jakarta, Senin (17/6). Wakabareskrim Antam Novambar masuk dalam salah satu calon pimpinan KPK dari Polri.

Nama Irjen Pol Antam Novambar santer disebut-sebut sebagai salah satu dari sembilan nama yang akan dicalonkan Polri sebagai pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Pria kelahiran November 1962 ini adalah perwira tinggi yang saat ini mengemban tugas sebagai Wakil Kepala Bareskrim Polri.

Sebelumnya, ia dirotasi dari jabatan lamanya sebagai Direktur Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri 2016. Karirnya sebagai petinggi kepolisian dimulai sejak 2005 dengan menjabat sebagai Kapolres Ketapang, Kalimantan Barat. Pada  2007, pria lulusan Akademi Kepolisian 1985 ini kemudian dimutasi ke Maluku untuk mengemban tugas sebagai Direktur Reskrim Polda Maluku.

Sejak saat itu kariernya di  bidang reserse melambung. Ia kemudian menjabat sebagai Direktur Reserse Kriminal Umum (Direskrimum) untuk Polda Bali pada 2012, Direktur Pencegahan BNPT pada 2013 dan Kepala Biro Korwas PPNS Bareskrim Polri 2015.

Selama menjalani kariernya, Antam memiliki sejumlah catatan yang cemerlang. Kepala Bareskrim Polri, Komjen Arief Sulistyanto memuji kinerja Antam semasa menjabat sebagai kapolres beberapa tahun lalu yang berhasil menghapuskan pungli.

(Baca: Pejabat Bareskrim dan Banyak Petinggi Polri Masuk Bursa Pimpinan KPK)

Bukan hanya itu, Antam juga menjadi salah satu dari 24 nama perwira tinggi Polri yang mendapat penghargaan Bintang Bhayangkara Pratama dari Presiden Joko Widodo pada 2017. Keputusan tersebut didasarkan pada surat keputusan Nomor 55/TK/TAHUN 2017 tertanggal 9 Juni 2017. 

Seperti ditulis Kompas.com, Kapolri Jendral Tito Karnavian mengungkapkan, penghargaan Bintang Bhayangkara Pratama merupakan apresiasi terhadap kinerja 24 perwira. “Karena pengabdian mereka yang tidak cacat selama lebih dari 20 tahun,” kata Tito.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...