Buntut Perang Dagang, Google Setop Akses Huawei ke Sistem Android

Hari Widowati
20 Mei 2019, 09:43
Logo perusahaan China, Huawei Technologies, bersinar terkena sinar matahari di atas kantor pusat perusahaan telekomunikasi raksasa tersebut di Duesseldorf, Jerman, Senin (18/2/2019).
ANTARA FOTO/REUTERS/WOLFGANG RATTAY
Sanksi perang dagang AS membuat Huawei tidak bisa mengakses layanan dan aplikasi milik Google, seperti Gmail, Chrome, dan YouTube.

Alphabet Inc, induk usaha Google, menghentikan kerja sama dengan Huawei Technologies Co Ltd termasuk akses ke sistem operasi Android dan sejumlah layanan populer, seperti Google Play Store, aplikasi Gmail, Google Chrome, dan YouTube. Penghentian kerja sama ini dilakukan setelah Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump memasukkan Huawei dalam daftar hitam (blacklist) sanksi perang dagang AS-Tiongkok.

"Huawei hanya bisa menggunakan versi publik dari Android dan tidak bisa mendapatkan akses ke aplikasi dan layanan dari Google," ujar sumber Reuters, Minggu (19/5). Huawei masih bisa mengakses sistem operasi Android yang tersedia melalui lisensi open source atau Android Open Source Project (AOSP). Namun, Google tidak lagi memberikan akses, dukungan teknis, dan kolaborasi untuk aplikasi dan layanannya untuk Huawei.

(Baca: Penjualan Smartphone Samsung dan Apple Turun, Huawei Melonjak)

Sanksi yang dijatuhkan oleh pemerintah AS akan membuat Huawei kesulitan melakukan bisnis dengan mitra kerjanya di AS. Komisaris Huawei Eric Xu mengatakan, dalam beberapa tahun terakhir perusahaan telah menyiapkan teknologi yang dikembangkan sendiri untuk mengantisipasi pemblokiran dari Google. Sebagian teknologi tersebut sudah digunakan di produk Huawei yang dijual di Tiongkok.

"Tidak peduli apapun yang terjadi, Komunitas Android tidak punya hak legal untuk memblokir perusahaan manapun untuk mengakses lisensi open source," kata Komisaris Huawei Eric Xu dalam wawancara dengan Reuters, Maret lalu.

Aplikasi populer dari Google, seperti Gmail, YouTube, dan Chrome akan hilang dari perangkat baru Huawei. Namun, pengguna perangkat Huawei yang memiliki akses ke Google Play Store masih bisa mengunduh pembaruan yang disediakan oleh Google.

Dampak pemblokiran Google ini di pasar Tiongkok diperkirakan minim. Pasalnya, sebagian besar aplikasi milik Google dilarang di negara tersebut. Sejumlah pengembang aplikasi lokal, seperti Tencent dan Baidu menyediakan aplikasi alternatif yang menggantikan aplikasi-aplikasi Google.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...