Pendukung Prabowo Lebih Percaya Informasi di Medsos Bersimbol Agama

Ameidyo Daud Nasution
1 Maret 2019, 07:20
Facebook
Katadata
Survei Cyrus menunjukkan pendukung Prabowo lebih percaya informasi politik di medsos yang menyertakan simbol agama atau kutipan ayat suci.

Survei terbaru Cyrus Network menunjukkan mayoritas pendukung pasangan calon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno lebih percaya informasi politik di media sosial yang menyertakan simbol agama maupun kutipan ayat suci. Hal ini membuat kampanye yang mengusung isu-isu agama efektif bagi kubu Prabowo.

Sebanyak 62% responden pendukung Prabowo lebih percaya informasi politik di medsos yang menyertakan simbol agama. Sementara, di kubu pendukung Jokowi hanya 29,2% responden yang menggunakan simbol agama untuk menyampaikan informasi politik di medsos.

"Jadi efektif buat Prabowo, karena kecenderungan (pendukungnya) lebih suka simbol agama," kata CEO Cyrus Network Hasan Nasbi di Jakarta, Kamis (28/2).

Meski demikian, penyertaan simbol agama dan ayat ini memiliki proporsi kecil dalam informasi politik yang dipercaya responden di medsos. Hasan menjelaskan, penggunaan tautan atau sumber dari media ternama masih menjadi rujukan utama responden yang memilih kedua kubu.

Jumlahnya mencapai 16,4% dengan kecenderungan 57,9% pendukung Jokowi menyertakan sumber media untuk menyampaikan informasi politik. Sedangkan langkah serupa dilakukan 39% pendukung Prabowo untuk membagi informasi yang sama.

"Selain dari media, kutipan tokoh dan informasi yang disukai cukup besar yakni 4,8%," kata Hasan. Sedangkan penyertaan data dalam membagi informasi politik hanya dilakukan 4,1% responden.

Berdasarkan survei Cyrus, hanya 39,2% responden yang terkoneksi dengan media sosial. Dari jumlah tersebut, Whatsapp masih menjadi media sosial utama dengan keikutsertaan 33,4%.

Facebook menjadi medsos kedua yang banyak digunakan dengan keikutsertaan responden mencapai 32,4%. Adapun responden yang menjawab Instagram sebesar 14,1%, Line 6%, dan keikutsertaan dalam akun Twitter hanya 3,7%.

Facebook merupakan medsos yang paling aktif digunakan responden pendukung kedua paslon dengan 12,8% aktif menyebarkan informasi terkait Pilpres 2019. Pendukung Jokowi-Ma'ruf dapat dikatakan lebih aktif ketimbang lawannya dalam menyebar info Pilpres dengan 57% responden mengaku aktif. Sedangkan hanya 40,6% pendukung Prabowo-Sandi yang aktif membagi informasi.

Akan tetapi, pendukung Prabowo unggul di Instagram dengan 51,4% mengaku aktif membagi informasi Pilpres. Adapun hanya 45,9% responden pendukung Jokowi yang sering membagikan informasi Pilpres di Instagram. "Sedangkan untuk Twitter dan Whatsapp masih diisi pendukung Jokowi (sebagai responden pengguna aktif)," kata Hasan.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...