SBY Absen, AHY Pimpin Kampanye Partai Demokrat di Pemilu 2019

Dimas Jarot Bayu
28 Februari 2019, 19:25
Komandan Komando Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Pemenangan Pemilu Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga
Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tidak bisa menjalankan tugas politik untuk sementara waktu. Ketua Komando Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Agus Harimurti Yudhoyono akan memimpin kampanye Demokrat dalam Pemilu 2019.

Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tak bisa secara fisik menjalankan tugas-tugas politik karena harus mendampingi istrinya menjalani pengobatan kanker darah di Singapura. SBY pun menugaskan Ketua Komando Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Pemenangan Pemilu Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) untuk memimpin kampanye Demokrat secara nasional.

Penugasan ini disahkan dengan Surat Keputusan Partai Demokrat tentang Peningkatan Intensitas dan Efektivitas Kampanye Pemenangan Pemilu 2019 tertanggal 27 Februari 2019. Surat tersebut ditandantangani SBY dan Sekretaris Jenderal Demokrat Hinca Pandjaitan.

"Secara nasional, Komandan Kogasma Agus Harimurti Yudhoyono bertanggung jawab dan bertugas melaksanakan kampanye pemenangan Pemilu 2019," kata Hinca di DPP Demokrat, Jakarta, Kamis (28/2). Kampanye menjadi kegiatan krusial mengingat waktu pemungutan suara kurang dari dua bulan lagi.

AHY nantinya akan dibantu oleh Koordinator Kampanye Wilayah Timur Demokrat Soekarwo dan Koordinator Kampanye Wilayah Barat Nachrawi Ramli. Soekarwo akan membantu tugas-tugas kampanye di Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB), Nusa Tenggara Timur (NTT), Kalimantan Timur, Gorontalo, Sulawesi Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Ada pun, Nachrawi akan membantu kampanye di Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, Lampung, Bangka Belitung, dan Sumatera Selatan. Kemudian, Bengkulu, Jambi, Kepulauan Riau, Riau, Sumatera Barat, Sumatera Utara, dan Aceh.

"Di samping membantu Komandan Kogasma, para Koordinator Wilayah Kampanye mengkoordinasikan kampanye yang dilakukan oleh jajaran Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat di wilayah tugasnya," kata Hinca.

(Baca: Temani Pengobatan Ibu Ani, SBY Setop Berpolitik Untuk Sementara)

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...