SBY Absen, AHY Pimpin Kampanye Partai Demokrat di Pemilu 2019

Kampanye menjadi kegiatan krusial mengingat waktu pemungutan suara kurang dari dua bulan lagi.
Dimas Jarot Bayu
28 Februari 2019, 19:25
Komandan Komando Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Pemenangan Pemilu Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga
Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tidak bisa menjalankan tugas politik untuk sementara waktu. Ketua Komando Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Agus Harimurti Yudhoyono akan memimpin kampanye Demokrat dalam Pemilu 2019.

Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tak bisa secara fisik menjalankan tugas-tugas politik karena harus mendampingi istrinya menjalani pengobatan kanker darah di Singapura. SBY pun menugaskan Ketua Komando Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Pemenangan Pemilu Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) untuk memimpin kampanye Demokrat secara nasional.

Penugasan ini disahkan dengan Surat Keputusan Partai Demokrat tentang Peningkatan Intensitas dan Efektivitas Kampanye Pemenangan Pemilu 2019 tertanggal 27 Februari 2019. Surat tersebut ditandantangani SBY dan Sekretaris Jenderal Demokrat Hinca Pandjaitan.

"Secara nasional, Komandan Kogasma Agus Harimurti Yudhoyono bertanggung jawab dan bertugas melaksanakan kampanye pemenangan Pemilu 2019," kata Hinca di DPP Demokrat, Jakarta, Kamis (28/2). Kampanye menjadi kegiatan krusial mengingat waktu pemungutan suara kurang dari dua bulan lagi.

AHY nantinya akan dibantu oleh Koordinator Kampanye Wilayah Timur Demokrat Soekarwo dan Koordinator Kampanye Wilayah Barat Nachrawi Ramli. Soekarwo akan membantu tugas-tugas kampanye di Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB), Nusa Tenggara Timur (NTT), Kalimantan Timur, Gorontalo, Sulawesi Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Advertisement

Ada pun, Nachrawi akan membantu kampanye di Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, Lampung, Bangka Belitung, dan Sumatera Selatan. Kemudian, Bengkulu, Jambi, Kepulauan Riau, Riau, Sumatera Barat, Sumatera Utara, dan Aceh.

"Di samping membantu Komandan Kogasma, para Koordinator Wilayah Kampanye mengkoordinasikan kampanye yang dilakukan oleh jajaran Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat di wilayah tugasnya," kata Hinca.

(Baca: Temani Pengobatan Ibu Ani, SBY Setop Berpolitik Untuk Sementara)

Melibatkan Komisi Pemenangan Pemilu

Menurut Hinca, kampanye Demokrat tak hanya dilakukan Kogasma dan Koordinator Wilayah Kampanye, namun juga melibatkan Komisi Pemenangan Pemilu (KPP). Selain itu, kampanye juga melibatkan jajaran organisasi partai dari pusat hingga daerah serta para caleg Demokrat.

Nantinya, Ketua KPP sekaligus Ketua Fraksi Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) mengatur keseimbangan pelaksanaan tugas kedewanan dengan kampanye yang dilakukan para anggota DPR RI dari Demokrat. "Karena 61 anggota DPR RI kami yang sekarang itu inkumben, hampir semua caleg," kata Hinca.

Selama kampanye, tugas-tugas harian DPP Demokrat dilaksanakan oleh Hinca. Dia memastikan tak ada perubahan susunan kepengurusan resmi DPP Demokrat.

Menurutnya, seluruh anggota Demokrat melakukan tugas dan tanggung jawabnya sesuai yang telah ditetapkan. "Susunan kepengurusan resmi DPP Demokrat tidak ada perubahan," kata Hinca.

(Baca: Jokowi Sebut Tampil Tanpa Simulasi, Prabowo Dapat Pesan dari SBY)

Reporter: Dimas Jarot Bayu
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait