Timses Jokowi Usul Media Massa Kupas Visi-misi Kandidat Pilpres

Dimas Jarot Bayu
22 Februari 2019, 09:58
Petugas persiapkan Debat Capres kedua
ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN
Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan media massa diminta menyelenggarakan diskusi dengan mengundang perwakilan dari kedua kandidat Pilpres 2019 untuk mengupas lebih dalam visi-misi mereka.

Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin mengusulkan agar Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan media massa di Indonesia untuk membuat acara yang mengupas visi-misi kedua pasangan calon (paslon) dalam Pilpres 2019. Pasalnya, substansi visi-misi kedua paslon dinilai belum banyak disinggung dalam debat.

Wakil Ketua TKN Jokowi-Ma'ruf, Eriko Sotarduga mengatakan para kandidat cenderung hanya membahas hal-hal di permukaan terkait tema debat yang telah ditentukan. "Makanya saya secara konkret juga menyampaikan kepada KPU dan di seluruh media televisi, sebaiknya memang menggali dari calon-calon ini juga penting," kata Eriko di Jakarta, Kamis (21/2).

Acara tersebut dapat dihadirkan tiap dua pekan sekali. Masyarakat dapat bertanya sekitar topik-topik yang telah ditentukan di acara tersebut. Dengan demikian, jawaban dari para kandidat dapat mewakili keinginan masyarakat selama ini. "Apa pun itu akan menjadi lebih menarik," kata Eriko.

Eriko menilai, debat capres putaran kedua sudah jauh lebih baik ketimbang debat pertama. Hanya saja, wakil sekretaris jenderal PDIP itu menilai masih perlu ada peningkatan kualitas agar debat ketiga semakin menarik.

Dia berharap, debat ketiga tak hanya memunculkan berbagai data dan substansi terkait tema yang ada. Para kandidat juga harus menyajikan langkah-langkah konkret yang akan dilakukan para kandidat Pilres 2019 ketika memimpin lima tahun ke depan.

"Jangan sampai terbuang percuma waktu yang lima tahun itu rakyat memilih, kemudian ternyata esensi sesungguhnya yang diharapkan tidak didapatkan," katanya.

(Baca: Debat Ketiga, KPU Sodorkan Nama Alfito Deannova dan Putri Ayuningtyas)

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...