Jokowi Ajukan Indonesia Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032

Michael Reily
20 Februari 2019, 10:19
Penutupan Asian Games 2018
ANTARA FOTO/INASGOC/M Agung Rajasa
Keberhasilan Indonesia menyelenggarakan Asian Games dan Asian Paragames 2018 menjadi pertimbangan pemerintah ketika mengajukan diri menjadi tuan rumah Olimpiade 2032.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengirimkan surat kepada Komite Olimpiade Internasional (IOC) untuk mengajukan Indonesia sebagai tuan rumah Olimpiade 2032. Surat tersebut telah diserahkan kepada Presiden International Olympic Committee (IOC) Thomas Bach di Lausanne, Swiss oleh Duta Besar Indonesia untuk Swiss Muliaman D Hadad.

Muliaman menyatakan, pengajuan Indonesia sebagai calon tuan rumah Olimpiade 2032 merupakan kesempatan baik untuk menunjukkan kemampuan ekonomi Indonesia. “Ini momen yang tepat untuk menunjukkan kapabilitas Indonesia sebagai negara besar,” kata Muliaman dalam keterangan resmi yang diterima Katadata, Rabu (20/2).

Beberapa poin yang menjadi pertimbangan Indonesia mengajukan diri sebagai tuan rumah Olimpiade 2032 adalah pengalaman penyelenggaraan Asian Games dan Asian Paragames tahun lalu. Untuk skala ekonomi, Indonesia unggul sebagai negara dengan jumlah penduduk terbesar ke-4 di dunia serta menjadi anggota G-20.

Executive Director IOC Christophe Dubi merespons positif aplikasi Indonesia. Dia meminta upaya untuk bekerja sama lebih lanjut selama proses pemilihan tuan rumah Olimpiade berlangsung.

Dubi mengakui kapabilitas Indonesia pada saat penyelenggaraan Asian Games dan Asian Paragames 2018 yang berjalan sukses. "Kami rasa ini menjadi fondasi yang cukup kuat," ujarnya.

(Baca: Indonesia Terus Dorong Pencak Silat Masuk Olimpiade)

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...