Prabowo Janjikan Kemandirian di Bidang Energi, Pangan, dan SDA

Dimas Jarot Bayu
17 Februari 2019, 20:33
Capres Nomor urut 02 hadir di Debat Capres 2019.
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga
Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto tiba untuk mengikuti debat capres 2019 putaran kedua di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2/2019). Debat kedua yang diikuti capres nomor urut 01 Joko Widodo dan capres nomor urut 02 Prabowo Subianto tersebut mengangkat tema energi dan pangan, sumber daya alam dan lingkungan hidup, serta infrastruktur.

Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto berjanji akan membangun kemandirian di bidang energi, pangan, dan sumber daya air jika terpilih di 2019. Menurut Prabowo, kemandirian di ketiga bidang itu merupakan hal dasar agar suatu bangsa dapat bertahan di dunia.

Prabowo menyebut hal itu mengacu pada data Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB). "Ini tiga masalah utama yang menjadi tolok ukur suatu keberhasilan suatu negara. Suatu negara bisa berhasil kalau bisa memenuhi energi, pangan, dan air," kata Prabowo di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2).

Prabowo pun menjamin pangan dapat terjangkau untuk seluruh masyarakat Indonesia. Selain itu, dia juga menjamin produsen, petani, petambak, dan nelayan mendapatkan penghasilan yang memadai.

Dia juga berjanjikan menurunkan harga listrik, makanan pokok. Prabowo pun menjanjikan memberikan subsidi pupuk kepada para petani. "Ini komitmen kami," kata Prabowo.

(Baca: Jelang Debat II, Sentimen Jokowi vs Prabowo di Media Sosial Berimbang)


Lebih lanjut, Prabowo berjanji akan menjaga berbagai kekayaan Indonesia tidak mengalir ke luar negeri. Menurut Prabowo, masalah Indonesia karena kekayaan negara selama ini banyak mengalir ke luar negeri.

Hanya saja, Prabowo mengatakan masalah ini bukan hanya akibat pemerintahan Jokowi. "Ini bukan masalah siapapun, ini masalah kita," kata Prabowo.

Terakhir, Prabowo mengaku menghargai kerja keras Jokowi dalam membangun infrastruktur. Meski demikian, dia menjanjikan strategi yang lebih cepat untuk pembangunan tersebut ketika terpilih dalam Pilpres 2019.

(Baca: Jokowi Sebut Tampil Tanpa Simulasi, Prabowo Dapat Pesan dari SBY)

Reporter: Dimas Jarot Bayu
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait