Jaga Kerahasiaan, Pertanyaan Debat Capres Baru Diserahkan Siang Ini

Ameidyo Daud Nasution
17 Februari 2019, 15:20
Petugas persiapkan Debat Capres kedua
ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN
Petugas menyiapkan tempat konferensi pers Debat Capres 2019 Putaran Kedua di Hotel Sultan, Jakarta, Sabtu (16/2/2019).

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyatakan persiapan Debat Capres 2019 putaran kedua nanti malam berjalan lancar tanpa kendala signifikan. Untuk menjaga kerahasiaan, soal debat yang dirumuskan oleh panelis baru diserahkan pada pukul 14.00 WIB kepada kedua moderator, yakni Anisha Dasuki dan Tommy Tjokro.

Komisioner KPU Wahyu Hidayat mengatakan, tidak seperti debat pertama di mana kedua pasangan calon mendapatkan kisi-kisi, pertanyaan dalam debat kedua ini masih rahasia. Debat putaran kedua dalam perhelatan Pilpres 2019 ini akan terdiri atas enam segmen.

Advertisement

Segmen keempat dan kelima menjadi pembeda. "Perbedaannya, baik paslon 01 maupun 02 akan menanggapi satu sama lain selama beberapa kali. Kami berharap format ini memungkinkan kandidat tampil natural," ujar Wahyu di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2).

Pada segmen keempat, KPU menyiapkan penayangan video yang kemudian akan ditanggapi oleh kedua capres peserta debat. Wahyu juga memastikan, materi video itu tidak diketahui kedua capres. Dia menjelaskan bahwa KPU menyediakan lima video namun hanya dua yang akan ditayangkan agar bersifat acak. "Nanti akan diundi (yang ditayangkan)," kata dia.

Selain itu, KPU juga menambah undangan penonton sebanyak 100 orang pada debat kedua. Hal ini lantaran kapasitas ruangan yang lebih luas ketimbang saat debat pertama bulan lalu yang sebanyak 500 orang. Dengan demikian, penonton yang akan memadati ruang debat mencapai 600 orang. Kali ini, masing-masing kandidat mendapatkan jatah penonton 140 orang. Sedangkan, 320 orang sisanya merupakan alokasi tempat duduk bagi KPU.

(Baca: Jelang Debat, Isu Infrastruktur dan Pangan Dominasi Percakapan Medsos)

Siapkan Pendukung hingga Kritik

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement