Masalah Papua Dinilai Belum Jadi Prioritas Paslon dalam Pilpres 2019

Dimas Jarot Bayu
14 Februari 2019, 16:06
Campak dan Gizi Buruk Anak Asmat
ANTARA FOTO/M Agung Rajasa
Masalah yang terjadi di Papua belum menjadi prioritas pasangan calon dalam kontestasi Pilpres 2019.

Persoalan yang terjadi di Papua selama ini dinilai belum menjadi nilai penting yang diperbincangkan dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. Kedua pasangan calon, yakni Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno belum menyinggung Papua sama sekali dalam visi-misi mereka.

Berbagai persoalan yang terjadi di Papua terkesan terpinggirkan dari berbagai narasi yang muncul selama kontestasi politik nasional tersebut. "Belum ada kata-kata Papua bagaimana mau diperbaiki ke depan," kata Direktur Amnesty Internasional Indonesia Usman Hamid, di Hotel Aryaduta, Jakarta, Kamis (14/2).

Advertisement

Usman menilai, kedua paslon selama ini belum menyinggung berbagai persoalan Papua karena sensitivitas politiknya cukup tinggi. Mereka masih ragu untuk menyelesaikan berbagai persoalan di Papua.

Peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Aisah Putri Budiatri juga menilai masalah Papua belum diprioritaskan oleh kedua pasangan calon, khususnya terkait pelanggaran hak asasi manusia (HAM). Hal itu, kata Aisah, dapat terlihat ketika debat pertama Pilpres 2019 berlangsung.

(Baca: Laju Ekonomi Bali dan Nusa Tenggara Melemah, Maluku dan Papua Menguat )

Pelanggaran HAM

Aisah menduga, Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandiaga belum memprioritaskan masalah tersebut karena punya kaitan dalam pelanggaran HAM di Papua. "Nomor 01 (Jokowi-Ma'ruf) salah satunya terkait masalah Nduga. Nomor 02 (Prabowo-Sandiaga) tahu kan seperti apa keterkaitannya dengan pelanggaran HAM," kata Aisah.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement