Erick Thohir: Industri Halal Berpotensi Jadi Penopang Ekonomi

Image title
13 Februari 2019, 20:51
Peragaan Busana Muslim
Antara
Busana muslim merupakan salah satu sektor industri halal yang berpotensi dikembangkan di Indonesia.

Indonesia memiliki potensi besar dalam pengembangan sektor industri halal dengan populasi penduduk muslim yang mencapai 87% dari jumlah penduduk atau 222 juta jiwa. Industri halal berpeluang menjadi tiang penyangga ekonomi nasional di masa depan.

Founder Mahaka Group Erick Thohir mengatakan, laju pertumbuhan industri halal global meningkat dari 7,5% pada 2015 menjadi lebih dari 8% pada 2016. Kemudian sejak 2017 diperkirakan terus meningkat di tahun-tahun berikutnya. "Ini peluang yang harus kita rebut dan bangun,” kata Erick di Jakarta, Rabu (13/2).

Berdasarkan data Statista.com, pangsa pasar produk halal global pada 2016 mencapai US$ 45,3 miliar atau Rp 543 triliun. Pangsa pasar produk halal tersebut diperkirakan akan tumbuh menjadi US$ 58,3 miliar atau Rp 816,2 triliun pada 2022. Adapun pangsa pasar industri makanan halal global pada 2016 mencapai US$ 1,25 triliun atau sekitar Rp 15.000 triliun. Angka ini diprediksi akan bertumbuh menjadi US$ 2,57 triliun atau Rp 3.598 triliun pada 2024.

Lebih lanjut, Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin ini menjelaskan, Indonesia masuk dalam jajaran 20 negara besar dengan pertumbuhan ekonomi terbaik di dunia. Bahkan, untuk sektor ekonomi baru seperti perusahaan rintisan (startup) pun sudah ada dan meluas hampir di semua kalangan anak muda.

Namun, proyeksi pendapatan industri halal Indonesia tergolong lemah dan masih berada di peringkat ke-15 dunia. Sementara, negeri jiran Malaysia memimpin di posisi pertama.

Jika dilihat berdasarkan sektor ekonomi Islam, terdapat lima industri halal yang berpotensi pasar tinggi di Indonesia. Kelima sektor tersebut adalah makanan halal, finansial Islam, busana muslim, media dan rekreasi halal, pariwisata halal, serta farmasi dan kosmetik halal.

Halaman:
Reporter: Rizka Gusti Anggraini
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...