Jokowi Galang Dana Kampanye Lewat Lelang Lukisan

Ameidyo Daud Nasution
12 Februari 2019, 12:01
Debat Capres I 2019
Arief Kamaludin | Katadata
Calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) mengikuti lelang lukisan sebagai salah satu penggalangan dana kampanye.

Calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) menggalang dana kampanye melalui lelang lukisan yang digelar di sebuah hotel bintang lima di Jakarta Barat. Salah satu lukisan yang berhasil dilelang adalah lukisan karya Kartika Affandi seharga Rp 2 miliar.

Acara yang digelar secara tertutup tersebut dihadiri beberapa pengusaha dan berlangsung selama lebih dari satu jam dimulai sejak 18.40 WIB. Awak media pun tidak dapat meliput acara ini. Namun, Jokowi usai acara mengakui bahwa acara tersebut merupakan penggalangan dana.

"Apa adanya, ini fund raising (penggalangan dana)," kata Jokowi di lobi Pullman Hotel, Jakarta, Senin (11/2) malam. Beberapa lukisan yang dilelang dalam kesempatan itu mengusung tema alam, garuda sakti, dan wajah manusia Indonesia.

Jokowi mengatakan acara ini awalnya diawali motivasi dan gerakan para seniman. Bahkan, dalam acara tersebut Jokowi mengaku sempat ikut melukis. Ia juga sempat menyampaikan pencapaian pemerintahannya dan rencana ke depan.

Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin, Erick Thohir mengatakan salah satu lukisan karya Kartika Affandi terjual dalam lelang senilai Rp 2 miliar. Erick juga berjanji, dana yang diterima dari hasil lelang lukisan ini akan dilaporkan kepada penyelenggara Pemilu dalam Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye (LPSDK). "Kami akan sampaikan nanti," kata Erick.

(Baca: Dana Kampanye Rp 55,98 Miliar, Jokowi-Ma'ruf Baru 'Setor' Rp 32 Juta)

Sumbangan Terbesar dari Kelompok

Hingga Januari lalu, dana kampanye yang digalang pasangan nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin hingga Januari 2019 mencapai Rp 55,98 miliar. Dari jumlah tersebut, dana kampanye yang tercatat milik Jokowi-Ma'ruf sebesar Rp 32 juta.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...