Jokowi-Ma'ruf Unggul 5-1 dari Prabowo-Sandiaga dalam Debat Perdana

Jokowi-Ma'ruf unggul dalam lima dimensi debat, yakni komunikasi, penguasaan materi, program kerja, tema debat, dan kepemimpinan.
Dimas Jarot Bayu
30 Januari 2019, 21:09
Debat Capres I 2019
Arief Kamaludin | Katadata
Paslon 01, Joko Widodo menyalami Paslon 02, Prabowo Subianto menjelang Debat Capres I 2019 di Jakarta, Kamis (17/1/2019)

Pasangan calon nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin dinilai lebih unggul dibandingkan paslon nomor 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dalam debat perdana Pilpres 2019. Berdasarkan hasil sigi Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, ada 50% responden yang menilai Jokowi-Ma'ruf unggul dalam debat tersebut.

Dari survei tersebut, sebanyak 35,4% responden menilai Prabowo-Sandiaga unggul dalam debat perdana. Sedangkan, 14,6% responden tidak menjawab.

"Secara umum, publik menilai Jokowi-Ma'ruf menang di debat capres-cawapres pertama," kata Peneliti LSI Denny JA, Adjie Alfaraby di kantornya, Jakarta, Rabu (30/1).

Adjie memaparkan, Jokowi-Ma'ruf unggul dalam lima dimensi debat perdana Pilpres 2019. Adapun Prabowo-Sandiaga unggul pada satu dimensi debat.

Dalam dimensi kemampuan komunikasi, ada 39,4% responden yang menilai Jokowi-Ma'ruf unggul. Angka ini menunjukkan selisih 5,7% jika dibandingkan responden yang menyatakan Prabowo-Sandiaga unggul dalam kemampuan komunikasi, yakni sebanyak 33,7% responden.

Sebanyak 37,7% responden menilai Jokowi-Ma'ruf unggul dalam penguasaan materi ketika debat. Hanya 31,2% responden yang menilai Prabowo-Sandiaga unggul di dimensi penguasaan materi.

Sementara itu, ada 45,2% responden yang mengunggulkan Jokowi-Ma'ruf dalam program kerja. Hanya 26,2% responden yang menilai Prabowo-Sandiaga unggul dalam program kerja.

Dalam penguasaan masalah sesuai tema debat, ada 38% responden yang mengunggulkan Jokowi-Ma'ruf. Sebanyak 31,6% responden menilai Prabowo-Sandiaga unggul dalam penguasaan masalah sesuai tema debat.

(Baca: Isu Ekonomi dan Blunder Debat Bisa Geser Pemilih Jokowi dan Prabowo)

Sebanyak 39,4% responden menilai Jokowi-Ma'ruf memiliki kepemimpinan yang kuat. Sebanyak 34,9% responden menilai Prabowo-Sandiaga memiliki kepemimpinan kuat.

Ada pun, 46% responden menilai Prabowo-Sandiaga merupakan pasangan yang kompak dan saling melengkapi. Sementara itu, hanya 30,1% responden yang menilai Jokowi-Ma'ruf unggul dalam dimensi tersebut.

"Dari lima dimensi debat capres-cawapres, Jokowi-Ma'ruf menang di lima dimensi, sedangkan Prabowo-Sandi menang di satu dimensi. Skor 5-1," kata Adjie.

LSI Denny JA mengadakan survei pada 18-25 Januari 2019 dengan melibatkan 1.200 responden. Survei dilakukan melalui pemilihan responden secara acak atau multistage random sampling. Tingkat kesalahan alias margin of error dalam survei ini sebesar +/- 2,8%.

(Baca: Debat Pilpres Pertama Jokowi Tampil Paling Baik)

Reporter: Dimas Jarot Bayu
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait