Amien Rais Tuding Para Mafia Tentukan Jalannya Ekonomi Indonesia

Ameidyo Daud Nasution
29 Januari 2019, 16:20
Amien Rais
ANTARA FOTO/RENO ESNIR
Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais usai diperiksa sebagai saksi dalam kasus hoaks Ratna Sarumpaet di Polda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (9/10/2018).

Kubu pasangan calon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno kembali mengkritik maraknya impor yang terjadi di pemerintahan Presiden Joko Widodo. Salah satu faktor yang dituding menjadi penyebab maraknya impor tersebut adalah peran para mafia yang bekerja sama dengan penguasa untuk mengendalikan arah ekonomi Indonesia.

Pernyataan tersebut diungkapkan oleh Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais saat membuka acara diskusi di Sekretariat Nasional Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, di Jakarta, Selasa (29/1). Menurutnya, para mafia bekerja sama dengan pejabat setingkat menteri hingga jenderal.

Advertisement

Namun, ia tidak menyebutkan siapa saja yang pejabat yang disebutnya terkait dengan mafia. "Sesungguhnya mereka tentukan jalannya ekonomi nasional kita," kata Amien.

Amien mengatakan, ada empat jenis mafia lainnya yang menguasai Indonesia. Pertama, mafia kecil yang beroperasi di tingkat kecamatan hingga kabupaten. Kedua adalah mafia kelas menengah yang beroperasi di tingkat provinsi.

Ketiga, mafia besar nasional yang menguasai sejumlah komoditas mulai dari garam, beras, hingga daging. Keempat adalah super mafia yang biasanya merupakan korporasi besar internasional. Para super mafia ini biasanya berkolusi dengan pejabat lokal. "Rata-rata (berkolusi) dengan penguasa tinggi dan tertinggi," kata dia.

Amien mengatakan, apabila pemerintahan berganti, akan terlihat para pejabat tinggi yang saat ini memerintah merupakan supermafia atau mafia besar. Amien juga mengatakan sayap-sayap mafia sudah seharusnya dipotong agar tidak semakin ugal-ugalan. "Saya ramalkan kalau rezim berganti, akan terlihat pejabat tinggi dan tertinggi adalah super mafia," kata Amien.

Menurut Amien, pada zaman pemerintahan Presiden RI keenam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) telah dibuat satuan tugas pemberantasan mafia. Namun, usai dua tahun keberadaannya, satgas tersebut malah bubar. "Sampai sekarang Pak Jokowi tidak mampu atau pura-pura tidak tahu," kata mantan Ketua Majelis Permusyaratan Rakyat (MPR) itu.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dari Partai Demokrat Azam Asman Natawijana sepakat dengan pernyataan Amien. Menurut dia, saat ini ada campur tangan mafia terutama di bidang pangan. Hal ini dimulai dari tata niaga pangan terutama data pangan yang tak kunjung dibenahi. "Ini yang dipermainkan untuk impor," kata Azam.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement