Persiapan Debat Kedua, Prabowo Libatkan Sejumlah Pakar

Mereka akan memberikan masukan kepada Prabowo terkait tema debat kedua, yakni energi, pangan, sumber daya alam (SDA), lingkungan hidup, serta infrastruktur
Dimas Jarot Bayu
26 Januari 2019, 10:23
Debat Capres
Antara Foto/Aprillio Akbar
Calon Presiden Nomor Urut 02, Prabowo Subianto tiba untuk mengikuti debat pertama Pilpres 2019, di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (17/1/2019).

Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto bakal melibatkan sejumlah pakar dalam persiapan debat kedua Pilpres 2019. Mereka akan memberikan masukan kepada Prabowo terkait tema debat kedua, yakni energi, pangan, sumber daya alam (SDA), lingkungan hidup, serta infrastruktur.

"Beberapa akademisi dan tokoh-tokoh lembaga swadaya masyarakat (LSM) yang membidangi masalah-masalah ini memberikan masukan berharga," kata Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandiaga Uno, Priyo Budi Santoso di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta, Jumat (25/1).

Priyo mengatakan, beberapa pakar yang akan memberikan masukan, seperti Sudirman Said, Dradjad Wibowo, Said Didu, Rizal Ramli, dan Kwik Kian Gie. Sudirman sebelumnya pernah menjabat sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) di era pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla periode 2014-2016.

Drajad saat ini merupakan Anggota Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN). Sebelumnya ia juga dikenal sebagai ekonom Institute For Development of Economics and Finance (Indef). Said Didu pernah menjabat sebagai Sekretaris Kementerian BUMN pada 2005-2010. Dia juga pernah menduduki posisi Staf Khusus Menteri ESDM periode 2014-2016.

Advertisement

(Baca: Delapan Panelis Debat Kedua Berlatar Akademisi dan Aktivis)

Rizal pernah menjabat sebagai Kepala Badan Urusan Logistik pada 2000-2001. Rizal pun sempat menduduki posisi Menteri Koordinator Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Industri (Ekuin) pada masa yang sama. Selain itu, dia pernah menjabat sebagai Menteri Keuangan. Jabatan terakhir Rizal sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman pada 2015-2016.

Sementara itu, Kwik Kian Gie pernah menjabat sebagai Menteri Koordinator Ekuin pada 1999-2000. Kwik juga sempat menduduki posisi sebagai Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) pada 2001-2004.

Meski mendapatkan masukan dari berbagai pakar, Priyo mengklaim Prabowo sebenarnya sudah siap dan paham berbicara mengenai berbagai persoalan di bidang energi, pangan, SDA, lingkungan hidup, dan infrastruktur. Sebab, Prabowo banyak berpidato terkait berbagai masalah tersebut di berbagai kesempatan.

Prabowo pun telah membukukan pandangannya terkait persoalan tersebut. "Tapi tetap beliau dengan rendah hati dan ingin masukan-masukan dari beberapa pakar," kata Priyo.

Debat kedua Pilpres 2019 rencananya akan diselenggarakan pada 17 Februari 2019. Debat akan dilakukan antarcalon presiden, yakni Joko Widodo dan Prabowo Subianto.

Debat ini akan diselenggarakan oleh stasiun televisi RCTI, GTV, MNC TV, dan iNews TV. Adapun, Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki akan menjadi moderator dalam debat tersebut.

(Baca: Jadi Moderator, Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki Pastikan Independen)

Reporter: Dimas Jarot Bayu
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait