Gaet Pemilih Milenial, Relawan Jokowi Luncurkan Toko Suvenir Resmi

Toko suvenir resmi untuk pasangan Jokowi-Ma'ruf ini akan dibuka sebanyak sepuluh gerai di seluruh Indonesia.
Ameidyo Daud Nasution
25 Januari 2019, 20:07
Peluncuran official merchandise #01
KATADATA/AMEIDYO DAUD
Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo- Ma'ruf Amin, Erick Thohir bersama Relawan JokowiMotion meluncurkan toko suvenir resmi paslon nomor urut 01 di Mal FX Jakarta, Jumat (25/1).

 

Relawan pasangan calon (paslon) nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin meluncurkan toko suvenir khusus bernama #01 Official Merchandise, di Jakarta, Jumat (25/1). Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf menilai, toko suvenir khusus ini akan menjadi salah satu strategi menggaet pemilih milenial untuk menjatuhkan pilihannya pada Jokowi-Ma'ruf.

"Milenial akan antusias kepada pak Jokowi," kata Ketua TKN Jokowi-Ma'ruf, Erick Thohir, di Mal FX Senayan, Jakarta, Jumat (25/1). Peluncuran toko suvenir resmi ini dihadiri sejumlah tokoh pendukung paslon 01, yakni Erick Tohir, Wakil Ketua TKN Abdul Kadir Karding, hingga Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi.

Erick menilai, desain yang menarik dari berbagai suvenir resmi tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi kaum milenial. Relawan yang tergabung dalam JokowiMotion tersebut memproduksi batik, kemeja, jaket bomber, kaus, hingga topi dengan tulisan #01. Selain produk pakaian, ada pula tumbler, tas, bahkan helm untuk pengendara motor. Adapun warna suvenir bervariasi mulai dari merah, hitam, hingga abu-abu.

Advertisement

Dari pantauan Katadata, salah satu suvenir yang dijual adalah sweater putih lengkap dengan tudung kepala dengan tulisan #01 Jokowi-Amin di bagian dada sebelah kiri. Model serupa juga disediakan dalam warna merah. Sedangkan untuk helm menggunakan model helm racer dan half face berwarna putih dengan tulisan 01 di sisi kanan helm.

(Baca: Persiapan Debat, Jokowi-Ma'ruf Dapat Masukan dari Para Pakar)

Erick mengatakan desain hingga produksi dilakukan oleh orang Indonesia sendiri. Bukan hanya itu, pekerjaan produk suvenir resmi ini juga dibantu oleh beberapa relawan difabel. "Kami aktifkan supaya jadi gerakan positif buat Indonesia," kata Erick.

Harga produk-produk suvenir resmi paslon 01 ini mulai dari Rp 5.000 untuk pin, Rp 110 ribu untuk topi, Rp 190 ribu untuk t-shirt, Rp 265 ribu untuk sweater, hingga Rp 650 ribu untuk helm racer. Salah satu desainer yang berpartisipasi dalam produksi suvenir resmi tersebut adalah Mochtar Sarman.

Ia mengatakan kualitas suvenir ini diseleksi dengan ketat dan telah mendapatkan lisensi. "Suvenir ini memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI)," kata Mochtar. Rencananya, akan ada 10 lokasi penjualan resmi suvenir 01 di seluruh Indonesia.

Acara juga diwarnai dengan lelang jaket dan helm yang telah ditandatangani Erick. Prasetyo yang memenangkan lelang tersebut memborong kedua suvenir itu dengan harga Rp 20 juta.

(Baca: Jokowi-Ma'ruf Dapat Dukungan dari Puluhan Kiai Sepuh NU Jatim)

Reporter: Ameidyo Daud Nasution
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait