Kasus Meikarta, Tjahjo: Tidak Ada Permintaan dari Theo Sambuaga

Ameidyo Daud Nasution
25 Januari 2019, 13:08
Mendagri Tjahjo Kumolo di KPK
ANTARA FOTO/RENO ESNIR
Mendagri Tjahjo Kumolo (tengah) keluar dari Gedung KPK di Jakarta, Jumat (25/1/2019). KPK memeriksa Tjahjo Kumolo sebagai saksi untuk tersangka Bupati nonaktif Bekasi Neneng Hassanah Yasin terkait kasus dugaan suap pada proses perizinan proyek pembangunan Meikarta di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo memenuhi panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk diperiksa sebagai saksi dalam penyidikan kasus dugaan suap perizinan proyek Meikarta, di Bekasi. Tjahjo menegaskan, tidak ada permintaan dari Presiden Komisaris Lippo Group Theo Sambuaga terkait proyek tersebut.

"Tidak ada (permintaan) walaupun dia teman saya zaman KNPI (Komite Nasional Pemuda Indonesia) dulu," kata Tjahjo ketika ditemui di Gedung KPK, Jumat (25/1).

Advertisement

Tjahjo mengatakan, ia datang dalam kapasitasnya sebagai menteri dan akan memberikan kesaksiannya terkait pernyataan Bupati Bekasi nonaktif Neneng Hassanah Yasin (NHY) di persidangannya belum lama ini. Dalam sidang di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) di Bandung, Neneng mengatakan bahwa Tjahjo meneleponnya dan meminta agar izin proyek Meikarta dibantu.

Tjahjo mengatakan, pada saat itu ia memang menelepon Direktur Jenderal Otonomi Daerah (Otda) Soni Sumarsono yang sedang menggelar rapat bersama Neneng. Lewat telepon milik Soni, Tjahjo mengatakan kepada Neneng bahwa perizinan Meikarta harus diselesaikan sesuai aturan yang ada.

"Saat saya telepon, izin sudah ada dan bupati menjawab sudah sesuai aturan yang ada," kata Tjahjo. Ia menegaskan, pemberian arahan kepada bupati sudah sesuai dengan tugasnya sebagai menteri. Adapun mengenai rekomendasi gubernur, politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tersebut tidak mengetahui terlalu jauh.

(Baca: Kasus Meikarta, KPK Akan Periksa Mendagri Hari Ini)

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement