Lantik Sebelas Perwira Tinggi, Kapolri Bantah Isu Konflik Internal

Dimas Jarot Bayu
24 Januari 2019, 12:32
Kapolri
ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma
Kapolri Jenderal (Pol) Tito Karnavian.

Kapolri Jenderal (Pol) Tito Karnavian melantik sebelas perwira tinggi di lingkungan Polri. Rotasi dan mutasi di tubuh Polri tersebut dilakukan bukan lantaran adanya konflik internal tetapi untuk regenerasi dan penyegaran.

Tito resmi melantik Irjen (Pol) Idham Azis sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri pada Kamis (24/1). Idham menggantikan Komjen (Pol) Arief Sulistyanto yang kini menjabat sebagai Kepala Lembaga Pendidikan dan Latihan (Kalemdiklat) Polri.

Upacara pelantikan dan serah terima jabatan dilakukan di Ruang Rapat Utama (Rupatama) Mabes Polri, Jakarta Selatan. Ini dilakukan mengacu pada Surat Telegram nomor ST/188/I/KEP.2019 tertanggal 22 Januari 2019 yang ditandatangani Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia Irjen Eko Indra Heri.

Tito mengatakan, rotasi ini dipicu adanya dua perwira tinggi yang akan memasuki masa pensiun pada 1 Februari 2019, yakni Irjen (Pol) Deden Juhara dan Komjen (Pol) Lutfi Lubihanto. "Otomatis men-trigger terjadinya regenerasi. Di Polri tidak gampang menunjuk, memilih dan lainnya. Banyak pertimbangan yang harus dilakukan," kata Tito, di Jakarta.

Tito meminta tak ada pihak-pihak yang mencoba menganalisis soal rotasi perwira tinggi Polri. Menurut Tito, Polri tetap solid. Adanya beberapa perbedaan merupakan hal wajar. Perbedaan tersebut tidak menimbulkan dampak destruktif. "Perbedaan biasa, justru memperkuat melalui mekanisme check and balance. Polri tetap solid," kata Tito.

Selain Idham, ada sepuluh perwira tinggi Polri lainnya yang dilantik Tito hari ini. Komjen (Pol) Unggung Cahyono dilantik sebagai Kepala Badan Intelijen dan Keamanan (Kabaintelkam). Unggung menggantikan posisi Komjen (Pol) Lutfi Lubihanto yang akan persiapan masa pensiun.

Posisi Unggung di Kalemdiklat digantikan oleh Arief. Ada pun, jabatan Idham sebelumnya sebagai Kapolda Metro Jaya digantikan oleh Irjen (Pol) Gatot Eddy Pramono. Gatot sebelumnya menjabat sebagai Asisten Kapolri Bidang Perencanaan dan Anggaran (Asrena) Kapolri.

Posisi Asrena Kapolri diisi oleh Irjen (Pol) Agung Sabar Santoso. Agung sebelumnya menjabat sebagai Wakil Inspektur Pengawasan Umum (Wairwasum) Polri.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...