Tak Lagi Gratis, Tarif Tol Trans Jawa Masih Diskon 15%

Ameidyo Daud Nasution
21 Januari 2019, 12:10
Tol Trans Jawa
Kementerian PUPR
Tol Trans Jawa yang menghubungkan Merak hingga Pasuruan diresmikan Presiden Joko Widodo pada 20 Desember 2018.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menerapkan tarif pada enam ruas Tol Trans Jawa mulai Senin (21/1). Hingga dua bulan ke depan, masyarakat masih bisa menikmati diskon 15% dengan tarif termahal pada ruas tol Ngawi-Kertosono sebesar Rp 88 ribu untuk golongan I.

Tarif untuk ruas tol lainnya, yakni Gempol-Pasuruan senilai Rp 36 ribu, ruas relokasi Porong-Gempol dengan biaya Rp 3.000 untuk seksi Kejapanan-Porong dan Rp 6.000 untuk Porong-Kejapanan. Selain itu, tarif ruas tol Pemalang-Batang sebesar Rp 39 ribu, Batang-Semarang senilai Rp 75 ribu, dan Semarang-Solo dengan tarif Rp 65 ribu.

Advertisement

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Hery Trisaputra Zuna mengatakan, dengan besaran tarif yang ditetapkan maka ongkos yang harus dibayar oleh pengguna kendaraan golongan I dari Jakarta hingga Pasuruan mencapai Rp 712 ribu. Namun, hingga dua bulan ke depan BPJT masih memberikan diskon 15% sehingga tarif tol dari Jakarta ke Pasuruan menjadi Rp 624.500 atau lebih hemat Rp 87.500. "Untuk golongan V, potongannya sebesar Rp 188.500," kata Hery.

Dia juga menjelaskan diskon berlaku hanya bagi pengendara melakukan perjalanan di Trans Jawa dalam satu kluster. Contohnya di kluster II, kendaraan yang masuk Gerbang Tol Palimanan hanya mendapat diskon apabila keluar di GT Kali Kangkung di Semarang. Persyaratan lainnya, saldo untuk pembayaran elektronik masih tersisa. "Apabila saldo kurang, diskon tidak berlaku," ujar Hery.

(Baca: Jasa Marga Tertarik Akusisi Ruas Tol Trans Jawa Milik Waskita Karya)

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement