Perang Cuitan di Twitter, #RakyatSudahMuak Jadi Perhatian Warganet

Hari Widowati
17 Januari 2019, 10:05
Twitter
YouTube

Menjelang pelaksanaan Debat Pilpres 2019, terjadi perang cuitan (twitwar) dari kedua kubu pendukung pasangan calon (paslon). Tagar #RakyatSudahMuak menjadi trending topic, dimulai oleh pendukung Prabowo Subianto-Sandiaga Uno untuk mengkritik janji-janji petahana sedangkan pendukung Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin menggunakannya untuk menyindir kabar bohong (hoaks) dan salah data yang ditampilkan kubu Prabowo.

Hingga Kamis (17/1) pagi, cuitan para pengguna Twitter yang menggunakan #RakyatSudahMuak mencapai 31,6 ribu. Bermula dari cuitan pengguna Twitter @RajaPurwa yang menyebut, "Okay bro, apakah kalian sudah muak dengan kondisi bangsa dan negara kek gini? Kalau gw yakin... #RakyatSudahMuak. Itu tagar/hastag kita malam ini...Lakukan 1 tagar! Banyak hal yang bisa dibicarakan, mulai dari skrg!"

Cuitan tersebut telah di-retweet sebanyak 676 kali dan disukai oleh 1.322 pengguna Twitter. Akun @RajaPurwa ini memiliki 35 ribu pengikut.

Akun pengguna Twitter @wartapoLitik menggunakan #RakyatSudahMuak untuk mengkritik pernyataan Jokowi yang sebelumnya menyatakan tidak perlu latihan untuk menghadapi debat. Namun, Jokowi dan Ma'ruf ternyata melakukan pendalaman materi debat di Djakarta Theater pada Rabu (16/1) malam. Cuitan tersebut sudah di-retweet sebanyak 134 kali dan disukai 179 pengguna Twitter. Akun @wartapoLitik ini memiliki 58,7 ribu pengikut.

(Baca: Rizieq Ubah #2019GantiPresiden, Elektabilitas Prabowo Bakal Berkurang)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...