Tetapkan Visi Misi Indonesia Menang, Prabowo Janjikan 5 Hal Ini

Ameidyo Daud Nasution
15 Januari 2019, 00:13
Pidato Kebangsaan Prabowo Sandi
ANTARA FOTO/Galih Pradipta
Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto (kiri) didampingi calon Wakil Presiden Sandiaga Uno (kanan) menyampaikan pidato kebangsaan di Jakarta Convention Center, Jakarta, Senin (14/1/2019).

Prabowo Subianto memaparkan visi dan misinya dalam pidato kebangsaan berjudul Indonesia Menang. Dalam pidatonya, calon presiden nomor urut 02 tersebut membagi visi-misi dalam lima fokus, yakni industrialisasi, kesejahteraan masyarakat, keadilan hukum dan demokrasi, kedaulatan bangsa, serta penguatan karakter bangsa.

Kelimanya merupakan sebuah strategi yang dinamakan Prabowo sebagai dorongan besar yang akan merealisasikan ketahanan pangan, energi, air bersih, lembaga pemerintah yang kuat, dan angkatan perang yang unggul. Untuk mencapai hal tersebut, Prabowo dan Sandiaga Uno telah menetapkan lima program kerja ke depannya apabila terpilih menjadi presiden dan wakil presiden 2019-2024.

"Ini solusi pemecahan masalah bangsa," kata Prabowo di hadapan ribuan pendukungnya yang hadir di Jakarta Convention Center, Senin (14/1).

Pertama adalah ekonomi yang mengutamakan rakyat, adil, makmur, berkualitas, dan berwawasan lingkungan. Fokus pertama ini akan memastikan masyarakat memiliki uang dengan menggerakkan mesin-mesin ekonomi. Prabowo menjanjikan industrialisasi akan kembali bergeliat dengan membangun mobil nasional, kapal, hingga pesawat. "Tidak seperti sekarang, di mana para pakar mengatakan deindustrialisasi sedang terjadi di Indonesia," jelas Prabowo.

Fokus kedua adalah meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat. Prabowo mengatakan langkah ini akan diambil dengan cara memerangi kemiskinan, meningkatkan layanan kesehatan, hingga kualitas pendidikan. Mantan Danjen Kopassus tersebut juga berjanji memperbaiki kesejahteraan pekerja di sektor pendidikan hingga kesehatan. "Guru-guru termasuk honorer harus diperbaiki kemampuan profesionalnya dan kualitas hidupnya," ujar Prabowo.

(Baca: Di Pidatonya, Prabowo Kritik Utang, BPJS, hingga Maraknya Bunuh Diri )

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...