KPU Pastikan Nuansa Debat Pilpres 2019 Lebih Terasa

Dimas Jarot Bayu
10 Januari 2019, 18:41
Jokowi- Ma'ruf Amin serta Prabowo-Sandiaga
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Dua pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Jokowi dan Ma\'ruf Amin serta Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno saat mengikuti rapat Pengundian dan Penetapan Nomor Urut Capres dan Cawapres Pemilu 2019 di Kantor KPU, Jakarta, Jumat (21/9/2018). \

Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan nuansa debat Pilpres 2019 akan lebih terasa dibandingkan dengan debat-debat pada Pilpres sebelumnya. Hal ini lantaran KPU menerapkan mekanisme baru dalam debat tersebut.

"Kami harus yakinkan ke masyarakat, debat ini nuansanya lebih kental dari debat-debat yang pernah kita lakukan terdahulu," kata Ketua KPU Arief Budiman di Jakarta, Kamis (10/1).

Advertisement

Nuansa debat antarkandidat dalam mekanisme baru akan terjadi sejak segmen kedua sampai kelima. Sebelumnya, debat antarkandidat hanya dilakukan pada segmen terakhir.

Arief menjelaskan, pada segmen kedua dan ketiga, para kandidat secara bergiliran akan menjawab pertanyaan yang diberikan oleh panelis. Kandidat yang sedang tidak diberikan pertanyaan diberikan kesempatan untuk memberi tanggapan.

Pada segmen empat dan lima, para kandidat akan saling melempar pertanyaan. Mereka pun diberi kesempatan untuk memberikan tanggapan atas jawaban yang diberikan lawannya.

Segmen kedua dan ketiga akan diberikan waktu selama 15 menit 30 detik. Sementara itu, segmen keempat dan kelima diberi waktu masing-masing 13 menit.

"Segmen kedua hingga kelima itu isinya debat antarkandidat. Jadi, sejak awal segmen sudah debat terus," kata Arief.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement