Jokowi Resmi Lantik Doni Monardo Jadi Kepala BNPB

Dimas Jarot Bayu
9 Januari 2019, 10:20
Doni Monardo
HUMAS WANTANNAS
Letjen Doni Monardo, Sesjen Wantannas

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Letnan Jenderal TNI Doni Monardo sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), di Istana Negara, Rabu (9/1). Doni akan mengemban tugas penting untuk mengkoordinasikan penanggulangan bencana di seluruh penjuru Tanah Air.

Prosesi pelantikan Doni sebagai Kepala BNPB dilakukan di Istana Negara, Jakarta. Pelantikan diawali dengan pembacaan Keputusan Presiden Nomor 5/P Tahun 2019 tentang Pengangkatan Kepala BNPB oleh Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kementerian Sekretariat Negara Cecep Sutiawan.

Advertisement

"Terhitung sejak saat pelantikan, mengangkat Letjen TNI Doni Monardo sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana," kata Cecep.

Kemudian, acara dilanjutkan dengan pengambilan sumpah jabatan terhadap Doni. Pengambilan sumpah jabatan tersebut dipimpin oleh Jokowi dan diikuti Doni.

"Saya akan setia kepada UUD 1945 serta akan menjalankan peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara," ucap Doni.

Acara kemudian diakhiri dengan penandatanganan berita acara. Setelahnya, Jokowi dan para pejabat negara yang hadir memberikan ucapan selamat atas posisi baru yang diemban Doni sebagai Kepala BNPB.

Dalam acara tersebut, tampak ikut hadir Wakil Presiden Jusuf Kalla, sejumlah menteri Kabinet Kerja, pimpinan DPR, dan MPR. Ada pula para pimpinan lembaga negara yang turut hadir dalam acara tersebut.

Pelantikan Doni sebelumnya dijadwalkan sebagai Kepala BNPB pada Rabu (2/1). Hanya saja, acara tersebut ditunda lantaran presiden harus melakukan kunjungan kerja untuk melihat penanganan tsunami Selat Sunda di Kabupaten Lampung Selatan.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement