Jubir Timses Jokowi: Prabowo-Sandiaga Tak Ingin Ada Debat Pilpres

Dimas Jarot Bayu
7 Januari 2019, 15:34
Prabowo Debat Capres
Arief Kamaludin | Katadata
Prabowo Subianto dalam debat capres 2014

Aksi saling tuding antara Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno terkait pelaksanaan debat calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) masih berlanjut. Setelah BPN menuduh Jokowi-Ma'ruf enggan menyampaikan visi-misi, giliran Timses Jokowi-Ma'ruf menyebut kubu Prabowo-Sandi tidak menginginkan adanya debat dalam Pilpres 2019.

Juru bicara TKN Jokowi-Ma'ruf, Arya Sinulingga, mengungkapkan kubu Prabowo-Sandiaga sebenarnya tak menginginkan adanya debat Pilpres 2019. Menurutnya, kubu Prabowo-Sandiaga hanya mau KPU memfasilitasi penyampaian visi-misi dari para pasangan calon saja.

Hal itu disampaikan BPN Prabowo-Sandiaga dalam pertemuan tertutup yang digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). "Mereka minta tidak ada debat, yang ada hanya penyampaian visi-misi," kata Arya di Posko Cemara, Jakarta, Senin (7/1).

Arya menilai, usulan BPN Prabowo-Sandiaga itu menandakan bahwa kubu Prabowo-Sandiaga takut menghadapi pendalaman visi-misi secara dua arah melalui debat. Pasalnya, pemahaman paslon terhadap isu-isu yang menjadi pertanyaan publik akan terlihat dalam debat Pilpres 2019.

Dengan usulan penyampaian visi-misi saja, Arya menilai, kubu Prabowo-Sandiaga menginginkan komunikasi satu arah kepada publik. Usulan tersebut kemudian ditolak oleh TKN Jokowi-Ma'ruf.

Penyampaian visi-misi dinilai akan menimbulkan pengulangan. Sebab, visi-misi juga akan disampaikan dalam setiap debat Pilpres 2019.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...