Medco Energi Global Jajaki Akuisisi Ophir Energy

Hari Widowati
2 Januari 2019, 11:39
Medco Energi
m.skalanews.com
Medco Energi

Medco Energi Global Pte Ltd (MEG), anak usaha PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC), tengah menjajaki akuisisi seluruh saham Ophir Energy Ltd yang bergerak di bidang eksplorasi dan produksi hulu minyak dan gas (migas). Ophir yang tercatat sebagai emiten Bursa London ini memiliki sejumlah aset blok migas di Indonesia, Vietnam, Thailand, Malaysia, Meksiko, Equatorial Guinea, dan Tanzania.

Direktur Medco Energi Internasional Anthony R Mathias mengatakan, MEG masih dalam pembahasan terkait adanya tawaran dari Ophir untuk membeli secara tunai seluruh saham yang telah dan akan diterbitkan perusahaan tersebut. "Pada tanggal keterbukaan informasi ini, belum terdapat nilai yang diajukan, jumlah dana yang disediakan, jumlah efek yang akan dibeli, dan belum diketahui hubungan pihak-pihak yang akan bertransaksi," kata Anthony dalam suratnya kepada Bursa Efek Indonesia (BEI), di Jakarta, Rabu (2/1).

Advertisement

MEG diberi waktu hingga 28 Januari 2019 pukul 17.00 waktu London untuk mengumumkan keputusannya, dengan tegas untuk melakukan penawaran atau tidak melakukan penawaran atas saham Ophir. Berdasarkan informasi di situs Ophir, kapitalisasi pasar perusahaan tersebut mencapai 252,46 juta poundsterling atau sekitar Rp 4,63 triliun per 31 Desember 2018.

Anthony mengatakan, pembelian saham Ophir bertujuan untuk pengembangan usaha MEG. Saat ini, informasi atau fakta material tersebut tidak berdampak terhadap kegiatan operasional Medco, hukum, kondisi keuangan, maupun kelangsungan usahanya.

Dalam penjajakan akusisi MEG terhadap Ophir ini, Standard Chartered Bank bertindak sebagai penasihat keuangan MEG. Adapun Morgan Stanley bertindak sebagai penasihat keuangan dan broker bagi Ophir. Kabar ini membuat harga saham Medco di BEI menguat 1,46% ke level Rp 695 per saham hingga pukul 11.30 WIB, Rabu (2/1).

(Baca: Arcandra Sebut Tiga Alasan Putuskan Blok Rimau Kembali ke Medco)

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement