Tinjau Korban Tsunami Anyer, Jokowi Minta BMKG Beli Alat Deteksi Dini

Hari Widowati
24 Desember 2018, 17:19
Presiden Jokowi di Pandeglang
BIRO PERS SEKRETARIAT PRESIDEN/LAILY RACHEV
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau daerah yang terdampak bencana tsunami di Kabupaten Pandeglang, Banten, Senin (24/12/2018).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) untuk membeli peralatan deteksi dini (early warning system) gelombang tsunami. Hal ini diperlukan untuk mencegah jatuhnya korban ketika terjadi bencana serupa di masa depan.

"Ke depan, saya perintahkan BMKG untuk membeli alat-alat deteksi 'early warning system' yang bisa memberikan peringatan-peringatan dini kepada masyarakat," kata Presiden Jokowi saat meninjau fasilitas pariwisata di Hotel Mutiara Carita, Pandeglang, Banten, Senin (24/12).

Seperti diketahui, BMKG mencatat adanya gelombang tsunami yang bersamaan dengan gelombang pasang laut akibat fenomena atmosferik bulan purnama pada Sabtu (22/12) malam. Tsunami diduga dipicu oleh longsornya lereng Gunung Anak Krakatau akibat tremor yang ditimbulkan aktivitas vulkanik.

Tsunami yang datang tiba-tiba menyebabkan masyarakat tidak memiliki waktu yang cukup untuk melakukan evakuasi. Menurut data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), jumlah korban meninggal mencapai 281 orang, 1.061 orang luka-luka, 57 orang hilang, dan 11.687 orang mengungsi.

Presiden Jokowi mengatakan, tim gabungan TNI dan Polri serta BNPB berkoordinasi untuk memitigasi bencana dari darat dan lautan. Presiden juga meminta tim evakuasi dan bantuan segera memantau daerah-daerah yang berpotensi terkena dampak tsunami.

Ia juga meminta tim evakuasi dan bantuan segera memantau daerah-daerah yang berpotensi terkena dampak tsunami. "Hari ini akan disisir kembali tapi lewat laut mengenai kemungkinan-kemungkinan tempat yang belum terpantau," ujarnya.

Sebelum meninjau Hotel Mutiara Carita, Presiden meninjau lokasi korban bencana tsunami di Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten. Lokasi yang ditinjau antara lain tempat pengungsian di Gelanggang Olah Raga (GOR) Labuan. Presiden membagikan buku-buku kepada anak-anak korban tsunami dan bahan pokok kepada masyarakat. Selanjutnya, Jokowi meninjau kesiapsiagaan kebencanaan ke Kantor Kecamatan Labuan dan mengunjungi korban yang dirawat di Puskesmas Labuan.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...