Cegah Macet Akhir Tahun, Lima Proyek di Tol Cikampek Disetop 2 Pekan

Kelima proyek tersebut adalah LRT Cawang-Bekasi, Kereta Cepat Jakarta-Bandung, tol Jakarta-Cikampek Elevated, flyover, dan rehabilitasi jalan.
Ameidyo Daud Nasution
13 Desember 2018, 14:43
To Jakarta-Cikampek
ANTARA FOTO | Risky Andrianto
Pengerjaan infrastruktur di jalan Tol Jakarta-Cikampek

Pemerintah menghentikan sementara lima proyek di sekitar tol Jakarta-Cikampek untuk menjaga kelancaran arus mudik dan liburan saat Natal dan Tahun Baru. Penghentian pembangunan proyek tersebut akan berlangsung mulai 18 Desember 2018 hingga 1 Januari 2019.

Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek Bambang Prihartono mengatakan, lima proyek tersebut adalah kereta ringan (LRT) Cawang-Bekasi, Kereta Cepat Jakarta-Bandung, tol Jakarta-Cikampek Elevated, pembangunan flyover, serta rehabilitasi jalan. "Jadi dalam rangka Natal dan Tahun Baru (Nataru) pekerjaan fisik dihentikan dulu," kata Bambang di saat konferensi pers di Kementerian Perhubungan, Jakarta, Kamis (13/12).

(Baca: Prioritaskan Jakarta-Cikampek Elevated, LRT dan Kereta Cepat Ditunda)

Langkah ini dilakukan untuk menjaga kelancaran arus tol tersebut terjaga meski kendaraan padat. Bambang menargetkan waktu tempuh Jakarta-Bandung paling tidak dapat dicapai dengan waktu tiga jam. "Minggu depan kami akan coba lagi (perjalanan Jakarta-Bandung) untuk mengetahui berapa lama," ujarnya.

Advertisement

Meski demikian, penghentian proyek ini disebutnya tidak dapat melebihi 1 Januari 2019. Hal tersebut lantaran sejumlah proyek infrastruktur ditunggu jadwal rampungnya. Salah satunya adalah tol melayang Jakarta-Cikampek yang harus dioperasikan saat mudik mendatang. "Karena kalau (dihentikan) lebih lama, jadwal penyelesaian proyek mereka bisa mundur," kata dia.

Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengimbau bus pariwisata berhati-hati dalam membawa penumpang saat Natal dan Tahun Baru. Bahkan instansinya akan terus melakukan ramp check untuk menjaga keselamatan transportasi saat liburan mendatang. "Jangan operasikan sendiri tanpa ramp check," kata Budi.

(Baca: Kemenhub Siapkan Armada Tambahan Jelang Natal dan Tahun Baru)

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait