Tuding Media, Prabowo Gunakan Strategi 'Firehose of Falsehood'

Dimas Jarot Bayu
7 Desember 2018, 18:15
 Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno
ANTARA FOTO/Zabur Karuru
Seorang partisipan membentangkan baliho pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno saat peresmian rumah pemenangan di Surabaya, Jawa TImur, Senin (22/10/2018).\


Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin menilai Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto tengah memainkan strategi politik selang pemadam kebohongan (firehose of falsehood). Hal tersebut dilakukan Prabowo ketika menuding media massa dan wartawan berbohong, serta memanipulasi demokrasi.

Wakil Ketua TKN Jokowi-Ma'ruf, Abdul Kadir Karding mengatakan, strategi Prabowo tersebut mirip dengan strategi yang digunakan Donald Trump di Pemilihan Presiden Amerika Serikat (AS) 2016 dan Jair Bolsonaro di Pilpres Brazil 2018. Strategi tersebut digunakan Prabowo agar masyarakat tak lagi mempercayai kerja-kerja media massa dan wartawan.

"Ini sebenarnya mau mengeliminasi fungsi-fungsi media," kata Karding, di Hotel Grand Sahid, Jakarta, Jumat (7/11). Upaya Prabowo ini digunakan untuk mengarahkan masyarakat lebih mempercayai informasi yang tersebar di media sosial. Dengan demikian, Prabowo dapat lebih mudah menyebarkan narasi-narasi politiknya.

Padahal, Karding menilai narasi politik Prabowo selama ini banyak yang tidak tepat. Dia mencontohkan, hal tersebut terjadi ketika Prabowo menyebut korupsi di Indonesia ibarat kanker stadium empat. Prabowo juga sempat membangun narasi angka kemiskinan Indonesia naik sebesar 50% selama masa kepemimpinan Jokowi.

"Membangun hoaks sebanyak-banyaknya di media sosial. Nah, itu strategi politiknya (Prabowo)," kata Karding.

Karenanya, TKN Jokowi-Ma'ruf mengaku sudah menyiapkan beberapa langkah untuk mengantisipasi strategi Prabowo tersebut. Antara lain, dengan menjawab seluruh hoaks yang tersebar di media sosial.

(Baca: Isu Pembakaran Bendera Untungkan Prabowo-Sandiaga di Media Sosial)

Konten Hoaks

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...