TKN Jokowi-Ma'ruf Sebut Reuni 212 Sarat Muatan Politik

Dimas Jarot Bayu
3 Desember 2018, 16:48
Aksi 212
Arief Kamaludin|KATADATA
Ilustrasi aksi Reuni 212 di kawasan Monas, Jakarta.

Aksi Reuni 212 dinilai sarat unsur politik karena dihadiri oleh Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto dan sejumlah elite politik pendukungnya. Muatan politis juga terlihat dari pidato Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab yang kerap menyerukan pergantian presiden pada 2019.

"Kalau bagi kami itu sudah jelas, forum reuni itu memang dimaksudkan untuk mendukung pencapresan Pak Prabowo," kata Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Arsul Sandi di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (3/12). Persaudaraan Alumni (PA) 212 membatalkan undangan bagi Calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo sehari sebelum kegiatan tersebut digelar.

Pada kesempatan tersebut, Rizieq berpidato melalui sambungan telepon yang dihubungkan dengan pengeras suara. Rizieq meminta peserta aksi tidak memilih presiden yang diusung penista agama. Ia juga mewajibkan peserta Reuni 212 memilih calon presiden yang berasal dari hasil Ijtima Ulama.

Walaupun tak menyebut nama, hasil Ijtima Ulama sebelumnya menyatakan calon yang dipilih adalah Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. "Bagi sebagian orang termasuk di kami juga, aroma politiknya itu begitu kental, unsur kampanyenya juga ada," kata Arsul. Padahal, sebelumnya PA 212 menyatakan tidak akan ada orasi politik dalam Reuni 212.

Kendati demikian, TKN Jokowi-Ma'ruf tak akan melaporkan dugaan muatan politik dalam Reuni 212. Menurutnya, pelaporan masalah tersebut hanya akan membuat kondisi politik Indonesia selama Pilpres 2019 semakin tidak kondusif.

Dia pun menyerahkan masalah tersebut kepada Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) serta masyarakat. "Kan kami enggak bisa menghalangi elemen masyarakat yang berkeberatan," kata Arsul.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...