Jokowi Perintahkan Mensos Eksekusi Pabrik bagi Penyandang Disabilitas

Ameidyo Daud Nasution
3 Desember 2018, 13:55
Jokowi
KATADATA/AMEIDYO DAUD
Presiden Joko Widodo memangku Mukhlis Abdul Holik, penyandang disabilitas dari Sukabumi dalam peringatan Hari Disabilitas Internasional di Bekasi, Senin (3/12).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita untuk menyelesaikan pembangunan pabrik bagi penyandang disabilitas. Usulan mengenai pembangunan pabrik khusus tersebut telah diajukan sejak empat tahun lalu namun hingga kini belum terealisasi.

Hal ini dikatakan Jokowi saat membuka peringatan Hari Disabilitas Internasional di Bekasi, Senin (3/11). "Saya perintahkan mensos selesaikan hal ini," kata Jokowi. Hadir dalam acara tersebut Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Advertisement

Pada Juni 2015, Jokowi sempat memerintahkan kepada Mensos Khofifah Indar Parawansa untuk membangun pabrik khusus tuna rungu. Namun, hingga kini pembangunan pabrik tersebut masih terkendala pembebasan lahan.

Padahal, keberadaan pabrik khusus merupakan wadah bagi penyandang disabilitas untuk berkarya. Pabrik yang beroperasi nantinya dapat bergerak di berbagai sektor, seperti elektronik dan garmen. "Kita memerlukan (pabrik khusus) itu mengingat prestasi (penyandang disabilitas) yang ada," kata Jokowi.

Mantan Walikota Solo ini menyebutkan beberapa penyandang disabilitas yang berprestasi. Salah satunya adalah Risnawati Utami yang menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) pertama yang menjadi Anggota Komite Hak Penyandang Disabilitas Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB). Lalu ada pebisnis online bernama Habibie Aisyah yang juga penyandang disabilitas.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement