SMI Andalkan Dana Filantropi untuk Biayai Proyek Infrastruktur Rp 60 T

Ameidyo Daud Nasution
3 Oktober 2018, 20:18
Infrastruktur
Arief Kamaludin|KATADATA
Ilustrasi proyek infrastruktur

Pemerintah melalui PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) akan menyiapkan 31 proyek senilai US$ 4 miliar atau Rp 60 triliun untuk dibiayai dengan skema pembiayaan campuran (blended finance). Rencananya, pembiayaan ini akan melibatkan dana dari sumbangan donatur atau filantropi.

Direktur Utama SMI Emma Sri Martini mengatakan, proyek-proyek yang disiapkan merupakan proyek infrastruktur yang menunjang pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDG). Beberapa proyek tersebut adalah Light Rail Transit (LRT), trem, Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM), Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL), energi terbarukan, hingga wisata berwawasan lingkungan (ecotourism).

"Proyek-proyek ini akan diluncurkan di Kementerian Keuangan, Jumat (5/10) mendatang," kata Emma, dalam konferensi pers di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, di Jakarta, Rabu (3/10). Nantinya, para donatur yang berminat untuk membiayai proyek-proyek tersebut dapat menyampaikan keinginannya kepada pemerintah.

Emma mengatakan, masuknya dana filantropi akan menjadi stimulus bagi perbankan untuk mengguyurkan dana ke proyek tersebut menjadi pembiayaan campuran. "Misalnya mereka (berminat) ke proyek air, kami yang mencari underlying proyeknya," ujar dia.

Emma dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, proyek-proyek ini terbuka bukan hanya untuk donatur asing tetapi juga donatur lokal yang berminat. Luhut beralasan, banyak orang kaya yang memiliki perhatian terhadap tujuan pembangunan berkelanjutan Indonesia, seperti mengentaskan kemiskinan hingga menjaga keberlangsungan lingkungan. "Siapa saja, semua (akan) kami ajak," kata Luhut.

Secara khusus, skema pembiayaan campuran ini akan dibawa ke Pertemuan Tahunan Dana Moneter Internasional (IMF)-Bank Dunia di Bali, pekan depan. Proyek-proyek tersebut juga akan dipaparkan lebih detail guna mengundang peminat yang hadir dalam acara tersebut. "Forum ini akan dorong investasi dalam proyek yang berkaitan SDG," kata Luhut.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...