Pelindo III Gandeng Adaro dan Djarum Garap Infrastruktur Logistik

Hari Widowati
12 Maret 2018, 15:06
Pelabuhan
Arief Kamaludin | Katadata
Aktivitas bongkar muat di pelabuhan.

PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) melakukan sinergi dengan tiga perusahaan swasta dari grup besar untuk menggarap infrastruktur logistik penunjang jasa kepelabuhanan. Ketiga perusahaan tersebut adalah PT Indonesia Bulk Terminal (Grup Adaro), PT Sriboga Flour Mills (Sriboga Group), dan PT Muria Sumba Manis (Grup Djarum).

Pelindo III dan Indonesia Bulk Terminal akan membentuk perusahaan patungan untuk mengembangkan Pelabuhan Mekar Putih di Kalimantan Selatan menjadi pelabuhan umum yang dapat melayani kebutuhan industri dan masyarakat. Pelindo III akan menyuntikkan modal ke perusahaan patungan tersebut dengan porsi kepemilikan saham 56,6% sedangkan Indonesia Bulk Terminal 43,4%.

Direktur Utama Pelindo III Ari Akshara mengatakan, fasilitas yang akan dibangun di Mekar Putih antara lain terminal curah cair dan storage tank. "Kami jajaki kerja sama dengan Adaro mulai 2014 tetapi baru sekarang bisa difinalisasi. Pelindo akan menginjeksi ekuitas dan memfasilitasi izin kepada regulator," kata Ari.

(Baca: PGN Akan Manfaatkan Aset Pelindo III Bangun Fasilitas LNG)

Direktur Utama PT Adaro Energy Tbk Garibaldi (Boy) Thohir mengatakan, kerja sama Pelindo III dengan anak usahanya merupakan bentuk kolaborasi antara Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan swasta. "Indonesia bisa menjadi negara yang maju dan besar dengan sinergi ini. Kalau ekonominya maju, perusahaan-perusahaannya juga akan maju," ujar Boy Thohir.

Direktur Pengembangan Bisnis PT Adaro Logistik Lili Pratiwi mengatakan, Adaro sedang dalam studi mengembangkan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mekar Putih. Luas area yang akan dikembangkan mulai 300 hektare (ha). Namun, Adaro belum mengetahui berapa besar nilai investasi yang akan disiapkan untuk perusahaan patungan dan pengembangan KEK Mekar Putih. "Ini baru kerja sama awal, nanti akan dibahas lebih lanjut dalam waktu 90 hari," kata Lili.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...