BCA Upayakan Proses Akuisisi Dua Bank Selesai Sebelum Akhir Tahun

Target penyelesaian akuisisi dua bank kecil ini sudah mundur dari target yang ditetapkan BCA sebelumnya, yakni September 2018.
Michael Reily
25 Oktober 2018, 20:26
ATM Bank BCA
KATADATA |
ATM Bank BCA

PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) akan mengupayakan agar proses akuisisi dua bank kecil dapat dituntaskan sebelum akhir tahun ini. Namun, akuisisi tersebut harus mendapatkan persetujuan dari regulator.

Wakil Presiden Direktur BCA Eugene K Galbraith mengatakan, perseroan akan berupaya semaksimal mungkin. Target penyelesaian akuisisi dua bank kecil ini sudah mundur dari target yang ditetapkan BCA sebelumnya, yakni September 2018. "Kami ingin menyelesaikan transaksi ini sebelum akhir tahun," kata Eugene di Jakarta, Kamis (25/10).

Meskipun begitu, Eugene menjelaskan, perusahaan harus mengikuti mekanisme proses akuisisi. Kesepakatan antara penjual dan pembeli pun harus mendapatkan persetujuan dari regulator.

Eugene tidak menyebutkan dua nama bank yang akan diakuisisi BCA. Ia juga enggan menyebutkan total pendanaan yang disiapkan BCA untuk akuisisi kedua bank tersebut. "Kami hanya bisa jamin akan kami selesaikan seefisien mungkin," ujarnya.

Advertisement

(Baca: BCA Bersiap Akuisisi Dua Bank Kecil di Semester I 2018)

Minta Diskresi 

Sebelumnya, Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja mengatakan, perseroan sudah mendapatkan persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk mengakuisisi dua bank yang diincarnya. BCA meminta OJK memberikan diskresi atau perlakuan khusus karena perseroan akan mengakuisisi dua bank kecil sebagai bagian dari konsolidasi perbankan nasional. "Secara informal kami sudah bicara, asal ambil dua bank bisa dapat diskresi," ujar Jahja.

Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK Heru Kristiyana pun membenarkan hal tersebut. "BCA sudah datang ke kami, mereka akan ambil dua bank. Mudah-mudahan bisa segera selesai," kata Heru.

BCA pernah mengungkapkan, dua bank yang menjadi targetnya adalah bank yang bergerak di segmen perbankan retail. Akuisisi ini akan mendukung pertumbuhan bisnis BCA secara anorganik. Bahkan, BCA disebut-sebut menyiapkan dana hingga Rp 4,5 triliun untuk ekspansi anorganik itu.

Ada beberapa skenario yang disiapkan BCA dalam akuisisi itu. Pertama, BCA akan menggabungkan salah satu bank yang diakuisisi dengan perusahaan. Kedua, BCA akan memfokuskan salah satu bank yang diakuisisi untuk mengembangkan bisnis digital banking. Kedua bank yang menjadi target BCA merupakan bank kategori Bank Umum Kegiatan Usaha (BUKU) I dengan modal inti di bawah Rp 1 triliun.

(Baca: BCA Sebut Tak Salurkan Kredit untuk Konsumen dan Pengembang Meikarta)

Reporter: Michael Reily
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait