Real Madrid Terkaya 2016

Selama empat tahun berturut, Real Madrid menjadi klub terkaya di dunia.
Image title
Oleh Widyanita
14 Mei 2016, 18:12

Tak hanya menjadi ajang kompetisi, di era modern sepak bola telah menjelma menjadi panggung bisnis dengan putaran uang hingga miliaran dolar Amerika. Pemain-pemain berkualitas dengan harga fantastis didatangkan untuk mendulang prestasi. Prestasi akan mendatangkan sponsor yang berimbas pada pemasukan klub. (Baca: Taipan Asia di Klub Utama Asia)

Real Madrid, juara Liga Spanyol 32 kali, tercatat sebagai klub sepak bola terkaya sejagad. Menurut Forbes, total kekayaannya mencapai US$ 3,65 miliar. Predikat tersebut kembali ditorehkan Real Madrid setelah sebelumnya berada dipuncak daftar selama tiga tahun berturut-turut. Barcelona, klub rival abadi Real Madrid, mengekor di belakangnya dengan kekayaan US$ 3,55 miliar.

Meski posisi teratas dipegang klub asal Spanyol, deretan kekayaan tertinggi didominasi oleh klub-klub asal Inggris. Di lansir dari laman goal.com, klub-klub yang bermain di Liga Inggris kemungkinan akan terus mendominasi deretan klub sepak bola paling tajir jika hak siar terbaru bernilai besar mulai diterapkan pada musim 2016/2017. (Baca: Belanja Minim, Leicester Juara Liga Primer)

Editor: Heri Susanto