Image title
5 Desember 2022, 12:30

Video: Ratusan Mahasiswa Terjerat Pinjol, OJK: Ini Modus Baru

Ratusan mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) disebut terjerat pinjaman online (pinjol). Wakapolresta Bogor AKBP Ferdy Irawan menyebutkan ada sekitar 311 orang menjadi korban pinjol. Kasus ini bermula dari seorang perempuan Bernama Siti Aisyah Nasution (SAN) menawarkan investasi di toko online miliknya dengan keuntungan mencapai 10 hingga 15 persen. Namun, SAN meminta para mahasiswa untuk melakukan pinjaman online terlebih dahulu.

Siti berjanji akan membayarkan pinjaman yang dilakukan mahasiswa setelah adanya keuntungan yang dibagikan. Namun sayangnya Siti tidak kunjung memberikan keuntungan sementara para mahasiswa harus membayar pinjaman online yang dilakukan.

Ketua Satgas Waspada Investasi OJK Tongam Lumban Tobing mengatakan bahwa kejadian ini merupakan modus baru di masyarakat. OJK juga telah memberikan penyuluhan bagi mahasiswa serta meminta pihak kampus untuk memberikan pendampingan.

Seperti apa kisah selengkapnya? Simak dalam Explainer by Katadata berikut ini.

 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.