Image title
27 Desember 2022, 10:36

Video: Digelar Meriah, Siapa yang Paling Untung di Piala Dunia Qatar ?

Fifa World Cup Qatar 2022 atau Piala Dunia 2022 telah resmi dimulai pada 20 November 2022. Ajang ini menjadi sorotan jutaan pasang mata di berbagai belahan dunia karena menjadi pesta sepak bola terbesar yang diadakan empat tahun sekali dan diikuti oleh 32 negara dengan pemain terbaik melalui serangkaian seleksi yang Panjang.

Piala Dunia Tahun ini bahkan disebut sebagai piala dunia termahal sepanjang sejarah dimana Qatar diprediksi menghabiskan lebih dari US$ 220 miliar untuk membangun infrastruktur serta berbagai fasilitas pendukung Piala Dunia tahun ini. Hadiah yang diberikan oleh FIFA juga tidak main-main. Tahun ini, FIFA diketahui mengalokasikan anggaran sebesar US$ 440 juta atau sekitar Rp 6,91 triliun sebagai hadiah pada Piala Dunia Qatar 2022. Fakta menarik lainnya adalah pertandingan Piala Dunia tahun ini menjadi perhelatan sepak bola terbesar pertama yang digelar di Timur Tengah.

Meski demikian, pemilihan Qatar sebagai tuan rumah diwarnai kontroversi karena Qatar dianggap terlalu kecil untuk menggelar event sebesar Piala Dunia. Nah, dibalik kontroversi perhelatan Piala Dunia tahun ini, banyak yang bertanya siapakah sebenarnya yang paling diuntungkan dengan Piala Dunia? Apakah FIFA atau Qatar ? Simak selengkapnya dalam Data Explainer Katadata berikut ini!

 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.