8 Manfaat Buah Tin untuk Kesehatan Berdasarkan Penelitian

Image title
20 September 2021, 09:49
Manfaat buah tin didapatkan dari kandungan serat, vitamin, dan mineral
Weronika Marci?czyk/Unsplash
Manfaat buah tin didapatkan dari kandungan serat, vitamin, dan mineral

Buah tin (Ficus carica) merupakan buah yang mungkin sudah tidak asing bagi beberapa umat muslim. Buah tin merupakan salah satu nama surat dalam Al-Qur’an yaitu surat At-Tin. 

Dari situs Kebun Raya Cibodas, buah tin termasuk dalam tanaman subtropis. Nama “Tin” berasal dari bahasa Arab. Tetapi, masyarakat umumnya mengenal dengan nama ara atau buah ara. Dalam bahasa Inggris, buah tin disebut dengan fig. Tanaman ini berasal dari Timur Tengah dan sudah tersebar hingga dataran Eropa dan Amerika hingga Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Advertisement

Menurut situs Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), pohon tin dapat tumbuh hingga mencapai ketinggian 10 m. Batangnya bergetah dan daun berwarna hijau agak tebal dan umumnya bergerigi pada bagian pinggirnya.

Tiap daun pohon tin mempunyai 3-7 cuping. Buah mudanya berwarna hijau dan akan matang seiring waktu. Buah tin yang matang akan memiliki kulit ungu kehitaman dan bagian dalamnya berwarna merah. Buah dari pohon Tin mengandung sedikit air, berbiji banyak dan berasa manis.

Pohon tin sangat banyak dibudidayakan karena mudah beradaptasi pada tanah dan iklim setempat menurut Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian. Kondisi ideal untuk pohon tin adalah total hujan 500-550 mm dengan kelembapan udara rendah 40-45% selama musim kering dan suhu 18°–20°C.

Di Indonesia, pohon tin mulai dibudidayakan karena permintaan yang mengalami peningkatan. Menurut Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, impor buah tin tahun 2009-2018 naik dari 1,7 ton menjadi 21 ton.

Kenaikan tersebut mampu menyerap devisa sebesar US$ 109 ribu atau setara Rp 297 juta rupiah. Sebaran pengusaha buah tin di Indonesia meliputi Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, DKI Jakarta dan Yogyakarta.

Buah tin juga memiliki manfaat kesehatan. Dari data penelitian oleh Departemen Pertanian Amerika Serikat, kandungan buah tin meliputi.

  • Kalori: 30
  • Protein: 0 gram
  • Lemak: 0 gram
  • Karbohidrat: 8 gram
  • Serat: 1 gram
  • Tembaga
  • Magnesium
  • Kalium
  • Riboflavin
  • Tiamin
  • Vitamin B6
  • Vitamin K

Dengan kandungan tersebut, beberapa penelitian telah membuktikan manfaat buah tin untuk kesehatan sebagai berikut.

1. Baik untuk kesehatan pencernaan

Buah tin mengandung serat yang baik untuk kesehatan pencernaan. Serat dalam buah tin dapat melunakkan feses, mengurangi sembelit, dan berfungsi sebagai prebiotik sehat untuk usus, menurut penelitian tahun 2018 dalam jurnal “Nutrients”.

2. Mengatasi sembelit

Makan buah tin dapat membantu mengatasi sembelit berdasarkan studi dalam jurnal “Explore: The Journal of Science & Healing”. Penelitian menggunakan subjek orang yang mengonsumsi sekitar 4 buah tin kering (45 gram) dua kali sehari. Hasilnya, rasa sakit, kembung, dan sembelit berkurang secara signifikan dibandingkan subjek yang tidak mengonsumsi buah tin.

3. Mengurangi risiko penyakit jantung

Studi tahun 2017 dalam jurnal “Pharmaceutical Biology” menunjukan, buah tin dapat mengatur tekanan darah dan kadar lemak dalam darah. Hal tersebut dapat membantu meningkatkan kesehatan pembuluh darah dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement