Bacaan Doa Setelah Sholat Dhuha: Latin, Arab, dan Terjemahannya

Image title
20 September 2021, 13:09
Ilustrasi kegiatan doa setelah sholat dhuha
Ali Arapo?lu/Pexel
Ilustrasi kegiatan doa setelah sholat dhuha

Menunaikan ibadah sholat dapat menjadi cara bagi umat muslim untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Secara umum, sholat dibedakan menjadi sholat wajib dan sunnah. Ada banyak yang termasuk dalam sholat sunnah, salah satunya sholat dhuha.

Dalam buku Penuntun Sholat Dhuha menjelaskan, sholat dhuha adalah sholat sunnah yang dikerjakan pada waktu pagi hari saat matahari sedang naik sekitar pukul 07.00 sampai 11.00 WIB.

Jumlah minimal rakaat dalam sholat dhuha adalah dua rakaat. Mengutip buku The Ultimate Power of sholat Dhuha meriwayatkan sebuah hadis dari Abu Darda dan Abu Zarr.

Rasulullah SAW berkata, “Allah Ta'ala berfirman: Wahai anak Adam, rukuklah (sholatlah) untuk-Ku pada awal siang dengan empat raka'at, maka Aku akan mencukupimu di akhir siang itu.” (HR. Ahmad, 5: 286; Abu Daud, no. 1289; At Tirmidzi, no. 475; Ad Darimi, no. 1451).

Allah SWT  telah berfirman demikian, maka umat muslim dapat melaksanakan sholat dhuha untuk berdoa, meminta berkah, mengingat Allah, dan masih banyak lagi sesuai dengan kebutuhan masing-masing orang.

Lebih lanjut, Zezen Zainal Alim dalam bukunya menjelaskan, kata dhuha dapat ditemukan di berbagai ayat dalam Al-Qur'an dan memiliki banyak versi tentang makna dan pemahamannya. Istilah dhuha dapat berarti "pagi hari" atau "panas matahari".

Keutamaan Sholat Dhuha
Keutamaan Sholat Dhuha (Pexels)

Doa Setelah Sholat Dhuha

Dalam buku Panduan Lengkap Shalat, Doa, Zikir & Shalawat telah menjelaskan tentang sholat dhuha, termasuk doanya. Berikut doa sholat dhuha dari buku Ustadz Enjang Burhanudin Yusuf, M.Pd.

اَللّٰهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَاَللّٰهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

Allahumma innad-duhaa'a duhaa'uka wal bahaa'a bahaa'uka wal jamaala jamaaluka wal quwwata quwwatuka wal-qudrota qudratuka wal 'ismata 'ismatuka. Allaahumma in kaana rizqii fis-samaa'i fa anzilhu, wa in kaana fil ardi fa akhrijhu, wa in kaana mu'assiran fa yassirhu, wa in kaana haraaman fa tahhirhu wa in kaana ba'iidan fa qarribhu. Bi haqqi duhaa'ika wa bahaa'ika wa jamaalika wa quwwatika wa qudratika, aatinii maa ataita 'ibaadakash-shalihiin.

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu, Ya Allah, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, keagungan-Mu, keindahan-Mu dan kekuatan-Mu, berikanlah kepadaku apa yang Engkau berikan kepada hamba-hambaMu yang shalih."

Niat Sholat Dhuha

Dikutip dari buku Dahsyatnya Tahajud, Subuh, & Dhuha: Keberkahan Bangun Pagi karya Adnan Tarsyah, berikut adalah bacaan niat sholat dhuha:

اُصَلِّى سُنَّةَ الضَّحٰى رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً ِللهِ تَعَالَى

Ushalli sunnatadh dhuhaa rak'ataini mustaqbilal qiblati adaan lillaahi ta'aalaa.

Artinya: "Aku niat sholat dhuha dua rakaat, karena Allah ta'ala."

Waktu Sholat Dhuha

Sholat dhuha adalah sholat sunah yang dilakukan pada waktu dhuha, yaitu sekitar pukul 07.00-11.00 WIB. Waktu dhuha dimulai saat matahari mulai naik dan terasa panas, hingga menjelang waktu sholat dzuhur.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement