25 Nama Nabi secara Berurutan serta Sifat dan Kisahnya

Image title
21 September 2021, 17:45
25 nama Nabi yang tercantum dalam Al-Quran
Anis Coquelet/Unsplash
Allah telah mencantumkan 25 nama Nabi dalam Al-Quran

Dalam agama islam, ada 25 Nabi dan Rasul yang disebutkan dalam Al-Quran. Nabi dan Rasul adalah manusia-manusia pilihan yang bertugas memberi petunjuk kepada manusia tentang keesaan Allah SWT dan membina mereka agar melaksanakan ajaran-Nya.

Sejarah panjang umat manusia dimulai sejak diturunkannya Nabi Adam as. dan istrinya Siti Hawa oleh Allah swt. ke dunia ini. Nabi Adam diciptakan sebagai manusia pertama oleh Allah sebagaimana dijelaskan dalam surat Al-Baqarah ayat 31 sebagai berikut.

وَعَلَّمَ اٰدَمَ الْاَسْمَاۤءَ كُلَّهَا ثُمَّ عَرَضَهُمْ عَلَى الْمَلٰۤىِٕكَةِ فَقَالَ اَنْۢبِـُٔوْنِيْ بِاَسْمَاۤءِ هٰٓؤُلَاۤءِ اِنْ كُنْتُمْ صٰدِقِيْنَ

Artinya: “Dan Dia ajarkan kepada Adam nama-nama (benda) semuanya, kemudian Dia perlihatkan kepada para malaikat, seraya berfirman, “Sebutkan kepada-Ku nama semua (benda) ini, jika kamu yang benar!”” (Q.S 2:31).

Kemudian dalam surat Al-Baqarah ayat 34 dijelaskan:

وَاِذْ قُلْنَا لِلْمَلٰۤىِٕكَةِ اسْجُدُوْا لِاٰدَمَ فَسَجَدُوْٓا اِلَّآ اِبْلِيْسَۗ اَبٰى وَاسْتَكْبَرَۖ وَكَانَ مِنَ الْكٰفِرِيْنَ

Artinya: “Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada para malaikat, “Sujudlah kamu kepada Adam!” Maka mereka pun sujud kecuali Iblis. Ia menolak dan menyombongkan diri, dan ia termasuk golongan yang kafir.” (Q.S 2:34).

Menurut tafsir Kementerian Agama, pada ayat ini, Allah memerintahkan malaikat untuk bersujud hormat kepada Nabi Adam sebagai bentuk pengakuan malaikat akan keunggulan manusia. Iblis menolak bersujud kepada Nabi Adam dan menyombongkan diri karena merasa dirinya lebih terhormat.

Atas tindakan tersebut, iblis termasuk golongan yang kafir, yaitu makhluk yang menutup diri dari menerima kebenaran, ingkar terhadap kenikmatan yang diberikan oleh Allah kepadanya, dan ingkar terhadap hikmah yang terkandung di balik titah Allah.

Sejak Nabi Adam, Allah telah menunjuk beberapa Nabi setelahnya. Dalam buku “Agama Islam, Nama-Nama Nabi dalam Al Qur'an” oleh Ariani dijelaskan, istilah nabi berasal dari bahasa Arab yang berarti orang yang menyampaikan berita.

Setiap nabi dan rasul memiliki keistimewaan karena mereka adalah manusia pilihan Allah SWT untuk menyampaikan wahyu kepada umat-Nya. Sedangkan pengertian rasul adalah utusan Allah.

Pengertian Nabi dan Rasul

Beberapa ulama memiliki perbedaan pandangan antara Nabi dan Rasul. Ada yang menyatakan bahwa Nabi dan Rasul itu sama. Pendapat lain menyatakan bahwa setiap rasul pasti seorang Nabi, tetapi Nabi belum tentu ditugaskan menjadi Rasul.

Nabi adalah seseorang yang mendapatkan wahyu dari Allah SWT, untuk dirinya sendiri, sehingga tidak memiliki kewajiban baginya untuk menyampaikan wahyu tersebut kepada orang lain.

Sedangkan, Rasul adalah seseorang yang mendapatkan wahyu dari Allah SWT, tidak hanya untuk dirinya sendiri, tetapi juga harus disampaikan kepada umatnya. Oleh sebab itu muncul pernyataan bahwa Nabi belum tentu Rasul, sedangkan Rasul sudah pasti seorang Nabi.

25 Nama Nabi dan Kisahnya

Dalam Al-Quran tercantum 25 nama Nabi berurutan sebagai berikut.

  • Nabi Adam As

Nabi Adam merupakan manusia dan khalifah pertama yang diciptakan oleh Allah SWT. Nabi Adam memiliki umur panjang dan bisa memberikan 40 untuk Nabi Daud, serta memiliki tinggi 60 hasta.

  • Nabi Idris As

Nabi Idris adalah keturunan Nabi Adam yang cukup dikenal karena kecerdasannya, sebab Nabi Idris adalah nabi pertama yang mampu menulis dan membaca.

  • Nabi Nuh As

Nabi Nuh adalah nabi yang mendapat mukjizat membuat perahu raksasa untuk menyelamatkan manusia dan hewan dari banjir bandang.

  • Nabi Hud As

Nabi Hud dikenal karena mukjizatnya yang mampu menurunkan hujan atas izin Allah. Saat itu kaum Ad sedang dilanda kekeringan panjang sehingga tanaman tidak dapat tumbuh dan tidak ada sumber air.

  • Nabi Saleh As

Nabi Saleh memiliki mukjizat mampu memunculkan unta betina yang sedang hamil 10 bulan dari batu besar yang dibelah.

  • Nabi Ibrahim As

Nabi Ibrahim dikenal sebagai Bapak Para Nabi, Abul Anbiya, karena memiliki 19 keturunan yang menjadi nabi. Selain itu, Nabi Ibrahim memiliki mukjizat yang mampu tetap hidup meski dibakar dengan api. Pada saat itu Ia dihukum dengan cara dibakar hidup-hidup setelah menghancurkan berhala dan tidak ingin mengakui Raja Namrud sebagai Tuhan. 

  • Nabi Ismail As

Salah satu kisah Nabi Ismail menjadi cikal bakal Hari Raya Idul Adha. Pada saat itu Nabi Ismail menerima perintah Allah untuk disembelih ayahnya, Nabi Ibrahim. Namun ketika ayahnya mengarahkan benda tajam untuk menyembelihnya, Allah gantikan Ismail dengan kambing.

  • Nabi Luth As

Kisah Nabi Luth yaitu diutus Allah untuk berdakwah untuk kaum Sodom dan Gomorrah yang memiliki perilaku menyimpang. Namun dakwahnya tidak berhasil sehingga Allah menurunkan Azab berupa gempa bumi dan angin kencang serta batu-batuan besar jatuh dari langit yang menimpa kaum Sodom dan Gomorrah, tetapi Nabi Luth berhasil selamat. 

  • Nabi Ishaq As

Nabi Ishaq disebutkan dalam Alquran bahwa beliau adalah hamba yang memiliki akhlak, ilmu dan perbuatan yang baik. Nabi Ishaq sendiri merupakan anak Nabi Ibrahim dengan sarah dimana saat Nabi Ishaq lahir ibunya berusia 99 tahun dan dari keturunan Bani Israil.

  • Nabi Ya’qub As 

Kisah Nabi Ya'qub dikenal sebagai pribadi yang memiliki karakter dan keimanan yang luar biasa kuat. Nabi Ya'qub memiliki dua belas orang anak laki-laki dengan paras tampan.

  • Nabi Yusuf As

Nabi Yusuf dikenal karena ketampanannya sebab beliau merupakan anak dari Nabi Ya'qub. Nabi Yusuf pernah bermimpi dimana bulan, matahari dan bintang bersujud padanya. Sejak saat itu Nabi Ya'qub mengetahui bahwa putranya akan menjadi orang besar.

  • Nabi Syu’aib As

Nabi Syu’aib pernah diurus oleh Allah untuk kaum Madyan, kaum yang ingkar dan menolak ajakan untuk menyembah hanya kepada Allah SWT. Kaum Madyan tetap ingkah sehingga Allah turunkan badai panas, awan hitam hingga gempa bumi. 

  • Nabi Ayyub As

Nabi Ayyub dikenal karena memiliki kesabaran yang luar biasa. Kisahnya yaitu nabi Ayyub diberi cobaan berupa sakit kulit yang cukup lama hingga hartanya habis dan ditinggalkan oleh anak istrinya. Meski begitu Nabi Ayub tetap taat kepada Allah SWT.

  • Nabi Zulkifli As

Nabi Zulkifli adalah Nabi yang dikenal tegar dalam berdakwah dan berseru untuk menyembah Allah meski sempat mendapat siksaan, dirantai hingga dipenjara.

  • Nabi Musa As

Kisah Nabi Musa banyak dituangkan dalam Alquran dimana Nabi Musa adalah Nabi yang memerangi Raja Firaun. Kisah Nabi Musa yang terkenal adalah ia mampu membelah lautan dengan tongkatnya, serta tongkatnya mampu berubah menjadi ular. 

  • Nabi Harun As

Kisah Nabi Harun banyak dikaitkan dengan kisah Nabi Musa, sebab Nabi Harun sering mendampingi Nabi Musa. Nabi Harun merupakan seorang Nabi yang dikaruniai kemampuan bahasa yang sangat baik. 

  • Nabi Daud As

Nabi Daud adalah Nabi keturunan Ibrahim. Nabi Daud menjadi raja setelah terbunuhnya Raja Thalut. Mukjizat Nabi Daud adalah kitab Zabur dan mampu berkomunikasi dengan burung, memiliki bersuara merdu, serta mampu melunakkan besi dengan tangan kosong.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...