10 Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan Otak hingga Jantung

Image title
24 September 2021, 09:47
Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan Otak hingga Jantung
Ganesh balasubramanyam/Pixabay
Tampilan tanaman bunga telang yang memiliki banyak manfaat kesehatan

Bunga telang secara ilmiah dikenal sebagai Clitoria ternatea dan memiliki warna biru cerah yang khas. Tanaman ini memiliki nama yang berbeda-beda di setiap daerah di Indonesia. Dalimartha dalam “Atlas Tumbuhan Obat Indonesia” menyebutkan, bunga telang dikenal sebagai bunga biru atau bunga kelentit di daerah Sumatera.

Di Jawa, bunga telang disebut kembang teleng atau menteleng. Sedangkan di Sulawesi disebut bunga talang atau bunga temen raleng, dan di Maluku disebut bisi atau seyamagulele.

Selain sebagai tanaman hias, bunga telang digunakan dalam resep masakan. Menurut "Journal of Pharmacological Reports", bunga telang adalah bahan umum dalam resep berbasis nasi, seperti nasi kerabu di Malaysia dan kue beras di Singapura.

Penelitian Budiasih dalam “Kajian Potensi Farmakologis Bunga Telang (Clitoria ternatea)” menemukan potensi bunga telang sebagai antioksidan, antibakteri, anti inflamasi dan analgesik, antiparasit dan antasida, antidiabetes, anti-kanker, antihistamin, immunomodulator, dan potensi berperan dalam susunan saraf pusat.

Kandungan tersebut dapat diserap tubuh melalui konsumsi bunga telang dalam berbagai bentuk, seperti teh bunga telang. Saat ini, mungkin beberapa orang sudah mengenal teh bunga telang yang juga disebut blue tea.

Teh bunga telang dapat dibuat dengan seduhan bunga telang kering atau segar dalam air panas atau dingin. Teh ini dapat dinikmati dengan atau tanpa tambahan madu. Tidak ada batasan minum teh bunga telang. Tetapi, jangan konsumsi teh secara berlebihan.

Lebih lanjut, manfaat bunga telang untuk kesehatan dapat disimak melalui pembahasan berikut.

1. Meningkatkan memori otak

Manfaat bunga telang dikaitkan dengan efek peningkatan memori. Studi dalam “Pharmaceutical Biology” tahun 2000 menunjukan, mekanisme untuk meningkatkan memori adalah melalui kadar asetilkolin dalam otak yang bertambah setelah mengonsumsi bunga telang.

Asetilkolin adalah neurotransmiter yang memainkan peran penting dalam fungsi normal otak dan tubuh. Asetilkolin berfungsi untuk memberitahu hipokampus agar menyimpan memori. Ini memainkan peran penting dalam kewaspadaan, perhatian, pembelajaran, dan memori.

2. Mengurangi stres

Bunga telang memiliki efek untuk mengurangi stres menurut penelitian dalam “Pharmacology Biochemistry and Behavior”. Ekstrak bunga telang telah diteliti dan hasilnya menunjukan kemampuan bunga telang sebagai obat antidepresan. Bunga telang dapat merelaksasi otot pembuluh darah halus sehingga membantu aliran darah dan meredakan stres.

3. Meningkatkan suasana hati

Suasana hati dapat ditingkatkan dengan bunga telang. Seperti penelitian sebelumnya, konsumsi bunga telang memiliki efek penghilang stres yang juga dapat membantu mengurangi gejala kecemasan.

Hal ini juga dikenal untuk menyegarkan otak, meningkatkan tingkat energi dan stamina, mempengaruhi emosi positif sehingga meningkatkan produktivitas. Teh bunga telang juga merupakan penghilang stres yang dapat mengurangi gejala kecemasan dan depresi.

4. Membantu meningkatkan kesehatan mata

Kandungan bunga telang meliputi antioksidan yang disebut proanthocyanidin. Senyawa tersebut telah diteliti dalam Social Science Research Network (SSRN). Hasilnya, bunga telang membantu kesehatan mata dengan meningkatkan aliran darah di kapiler mata.

Peningkatan aliran darah tersebut memungkinkan mata untuk menyesuaikan diri dengan perubahan cahaya dan meningkatkan penglihatan. Bunga telang juga efektif dalam mencegah katarak dan glaukoma, memperbaiki penglihatan kabur, dan mengobati kerusakan retina serta menenangkan mata yang meradang dan berair.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...