10 Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan Otak hingga Jantung

Berbagai penelitian telah membuktikan manfaat bunga telang untuk kesehatan meliputi peningkatan memori otak, mencegah diabetes, serta menjaga jantung.
Image title
24 September 2021, 09:47
Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan Otak hingga Jantung
Ganesh balasubramanyam/Pixabay
Tampilan tanaman bunga telang yang memiliki banyak manfaat kesehatan

Bunga telang secara ilmiah dikenal sebagai Clitoria ternatea dan memiliki warna biru cerah yang khas. Tanaman ini memiliki nama yang berbeda-beda di setiap daerah di Indonesia. Dalimartha dalam “Atlas Tumbuhan Obat Indonesia” menyebutkan, bunga telang dikenal sebagai bunga biru atau bunga kelentit di daerah Sumatera.

Di Jawa, bunga telang disebut kembang teleng atau menteleng. Sedangkan di Sulawesi disebut bunga talang atau bunga temen raleng, dan di Maluku disebut bisi atau seyamagulele.

Selain sebagai tanaman hias, bunga telang digunakan dalam resep masakan. Menurut "Journal of Pharmacological Reports", bunga telang adalah bahan umum dalam resep berbasis nasi, seperti nasi kerabu di Malaysia dan kue beras di Singapura.

Penelitian Budiasih dalam “Kajian Potensi Farmakologis Bunga Telang (Clitoria ternatea)” menemukan potensi bunga telang sebagai antioksidan, antibakteri, anti inflamasi dan analgesik, antiparasit dan antasida, antidiabetes, anti-kanker, antihistamin, immunomodulator, dan potensi berperan dalam susunan saraf pusat.

Kandungan tersebut dapat diserap tubuh melalui konsumsi bunga telang dalam berbagai bentuk, seperti teh bunga telang. Saat ini, mungkin beberapa orang sudah mengenal teh bunga telang yang juga disebut blue tea.

Teh bunga telang dapat dibuat dengan seduhan bunga telang kering atau segar dalam air panas atau dingin. Teh ini dapat dinikmati dengan atau tanpa tambahan madu. Tidak ada batasan minum teh bunga telang. Tetapi, jangan konsumsi teh secara berlebihan.

Lebih lanjut, manfaat bunga telang untuk kesehatan dapat disimak melalui pembahasan berikut.

1. Meningkatkan memori otak

Manfaat bunga telang dikaitkan dengan efek peningkatan memori. Studi dalam “Pharmaceutical Biology” tahun 2000 menunjukan, mekanisme untuk meningkatkan memori adalah melalui kadar asetilkolin dalam otak yang bertambah setelah mengonsumsi bunga telang.

Asetilkolin adalah neurotransmiter yang memainkan peran penting dalam fungsi normal otak dan tubuh. Asetilkolin berfungsi untuk memberitahu hipokampus agar menyimpan memori. Ini memainkan peran penting dalam kewaspadaan, perhatian, pembelajaran, dan memori.

2. Mengurangi stres

Bunga telang memiliki efek untuk mengurangi stres menurut penelitian dalam “Pharmacology Biochemistry and Behavior”. Ekstrak bunga telang telah diteliti dan hasilnya menunjukan kemampuan bunga telang sebagai obat antidepresan. Bunga telang dapat merelaksasi otot pembuluh darah halus sehingga membantu aliran darah dan meredakan stres.

3. Meningkatkan suasana hati

Suasana hati dapat ditingkatkan dengan bunga telang. Seperti penelitian sebelumnya, konsumsi bunga telang memiliki efek penghilang stres yang juga dapat membantu mengurangi gejala kecemasan.

Hal ini juga dikenal untuk menyegarkan otak, meningkatkan tingkat energi dan stamina, mempengaruhi emosi positif sehingga meningkatkan produktivitas. Teh bunga telang juga merupakan penghilang stres yang dapat mengurangi gejala kecemasan dan depresi.

4. Membantu meningkatkan kesehatan mata

Kandungan bunga telang meliputi antioksidan yang disebut proanthocyanidin. Senyawa tersebut telah diteliti dalam Social Science Research Network (SSRN). Hasilnya, bunga telang membantu kesehatan mata dengan meningkatkan aliran darah di kapiler mata.

Peningkatan aliran darah tersebut memungkinkan mata untuk menyesuaikan diri dengan perubahan cahaya dan meningkatkan penglihatan. Bunga telang juga efektif dalam mencegah katarak dan glaukoma, memperbaiki penglihatan kabur, dan mengobati kerusakan retina serta menenangkan mata yang meradang dan berair.

5. Membantu meredakan asma

Bunga telang terbukti memiliki efek untuk membantu meredakan asma menurut penelitian dalam “Journal of Ethnopharmacology” tahun 2011. SIfat anti-inflamasi dalam bunga telang bekerja dengan mengurangi peradangan, pembengkakan, dan produksi lendir di saluran udara penderita asma.

Akibatnya, peradangan di saluran berkurang dan cenderung tidak bereaksi sehingga asma dapat dihindari. Mengonsumsi bunga telang memungkinkan penderita asma agar memiliki kontrol yang lebih baik atas kondisi mereka.

6. Memiliki potensi antikanker

Bunga telang juga berpotensi sebagai antikanker karena memiliki flavonoid dengan kandungan kaempferol yang memiliki potensi tersebut. Publikasi dalam “International Journal of Pharmacognosy and Phytochemical Research” menguji bunga telang dan kandungannya.

Hasilnya, sel kanker bisa mati hingga 63,8 persen karena kandungan flavonoid dalam bunga telang, seperti kaempferol, delphinin dan quercetin.

7. Mengatasi diabetes

Ekstrak bunga telang diuji dalam “Journal of Applied Pharmaceutical Science” dan hasilnya menunjukkan aktivitas anti-diabetes karena secara signifikan menurunkan kadar glukosa serum.

Dari hasil penelitian ini, bunga telang membuat sel-sel penghasil insulin berfungsi dan terjadi stimulasi pelepasan insulin sehingga dapat mengatasi diabetes.

8. Melindungi tubuh dari mikroorganisme penyebab penyakit

Bunga telang merupakan agen antimikroba yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari mikroorganisme penyebab penyakit

Publikasi dalam “Journal of Ethnopharmacology” menunjukkan sifat antimikroba pada bunga telang bekerja pada tingkat sel untuk terus mengganggu dan mencegah pertumbuhan mikroorganisme seperti bakteri, jamur dan.

Dengan pencegahan tersebut, tubuh dapat terlindungi dari berbagai penyakit.

9. Menurunkan berat badan

Sebuah studi yang diterbitkan dalam “International Journal of Obesity and Related Metabolic Disorders” menunjukkan manfaat bunga telang dapat mencegah serta membantu melawan obesitas dan penyakit hati berlemak.

Teh bunga telang mengandung katekin yang berperan penting dalam membakar lemak perut dan membantu menurunkan berat badan. Minum teh ini adalah cara yang efektif untuk meningkatkan metabolisme sehingga membuat tubuh membakar lebih banyak kalori.

10. Menjaga kesehatan jantung

Bunga telang mengandung antioksidan yang tidak hanya melindungi tubuh dari infeksi tetapi juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Studi dalam “Pharmaceutical Biology” telah meneliti manfaat teh bunga telang dalam menurunkan kadar kolesterol tinggi-faktor risiko utama untuk penyakit jantung.

Teh bunga telang terbukti melindungi terhadap penyakit jantung dengan membatasi hiperlipidemia, yaitu konsentrasi lipid atau lemak yang abnormal dan tinggi dalam darah. Konsumsi teh bunga telang juga dapat mengatasi sejumlah penyakit jantung termasuk penyumbatan, pembekuan darah, dan serangan jantung.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait