10 Tempat Nongkrong di Jogja dengan Pemandangan Memukau

Sebagai kota tujuan wisata, ada banyak tempat asyik di Jogja untuk nongkrong bersama teman atau keluarga. Berikut rekomendasi tempat nongkrong di Jogja yang memiliki pemandangan bagus.
Image title
29 September 2021, 10:56
Pemandangan indah dari HeHa Sky View yang merupakan salah satu tempat nongkrong di Jogja
instagram.com/hehaskyview
Pemandangan indah dari HeHa Sky View, salah satu tempat nongkrong di Jogja

Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) merupakan daerah otonom setingkat provinsi yang terletak di bagian selatan pulau Jawa bagian tengah, dengan ibukota Kota Yogyakarta dan berbatasan dengan Provinsi Jawa Tengah dan Samudera Hindia.

Terkenal sebagai Kota Pelajar, Yogyakarta yang juga disebut Jogja memiliki banyak perguruan tinggi dengan total keseluruhan mahasiswa berjumlah 387.319  pada tahun 2021 menurut data Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olahraga. Banyaknya mahasiswa berdampak pada munculnya berbagai tempat nongkrong yang menjadi sarana untuk bercengkerama.

Dilansir dari laman web Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta, Jogja saat ini berstatus PPKM Level 3 sehingga tempat nongkrong seperti restoran, kafe, ataupun tempat makan outdoor dapat melayani makan di lokasi (dine-in) dengan beberapa ketentuan.

Pemerintah telah menyusun protokol bagi restoran di luar mall, yaitu dengan melakukan skrining digital melalui aplikasi Peduli Lindungi bagi pengunjung maupun karyawan dengan memeriksa scan QR Code. Dengan demikian, pengunjung tetap aman dan mematuhi protokol kesehatan.

Beberapa tempat nongkrong di Jogja terletak di tempat tinggi sehingga menawarkan pemandangan yang memukau. Tempat-tempat ini cocok untuk melihat matahari terbenam atau menikmati suasana Jogja. Berikut rekomendasinya.

1. HeHa Sky View

HeHa Sky View terletak di kawasan perbukitan Gunungkidul yang berjarak 40 menit dari pusat kota Yogyakarta. Tempat nongkrong ini menawarkan ragam kuliner yang dapat dinikmati sambil melihat pemandangan kota dari ketinggian.

Selain menikmati kuliner, ada banyak spot selfie untuk mengabadikan momen Anda. Salah satu spot foto favorit adalah replika balon udara. Dengan biaya Rp 20.000 per orang, pengunjung dapat naik dan berfoto.

Bagi pasangan, jangan lewatkan foto romantis di spot Love Box yang didesain dengan dinding berisi banyak papan atau botol untuk menuliskan harapan. Harganya mulai dari Rp 25.000-50.000.

Fasilitas lain untuk menunjang kebutuhan meliputi akses kursi roda, musholla, toko suvenir, dan area parkir.

2. Watu Langit Jogja Coffee and Resto

Watu Langit Coffee and Resto terletak di Mlakan, Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Tempat nongkrong ini menyajikan panorama yang sangat indah dengan udara sejuk khas dataran tinggi. Areanya cukup luas dan asri dengan pepohonan hijau yang menambah suasana tenteram.

Bangunan resto dibuat dengan unsur tradisional yang menggunakan kayu. Aneka kopi tersedia mulai dari Rp 8.000 dan ada juga gorengan gratis dari jam 10.00 - 15.00 WIB pada hari Selasa hingga Jumat.

3. Puncak Sosok

Puncak Sosok yang terletak di wilayah timur Kabupaten Bantul dengan topografi pegunungan cocok untuk tempat nongkrong. Dengan pemandangan memukau, pengunjung dapat berfoto sambil menikmati pilihan kuliner. Ada pula jembatan kayu dengan desain unik yang bagus untuk latar foto.

Beberapa area disediakan bangku dan meja untuk bersantap. Pengunjung juga dapat menggelar tikar yang disediakan oleh pengelola. Sajian makanan meliputi tahu walik, bakso tusuk, sempolan, siomay, sate gajih, cilok, dan jagung bakar. Sedangkan pilihan minuman adalah kopi, teh, dan jeruk.

Menariknya, ada pertunjukan musik lengkap dengan panggung. Penonton dapat duduk di sekitar panggung sambil menikmati lantunan musik yang merdu.

4. Bukit Paralayang Watugupit

Bukit Paralayang Watugupit terletak di kawasan Giricahyo, Purwosari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Dari ketinggian, pengunjung dapat menikmati pemandangan pantai yang indah.

Waktu populer untuk berkunjung ke tempat nongkrong ini adalah saat matahari terbenam. Suasana tenang berpadu dengan deburan ombak mampu dijadikan pilihan untuk menghilangkan penat.

Tiket masuk Bukit Paralayang dihargai Rp 5.000. Terdapat pilihan makanan dan minuman yang dapat dinikmati dimulai dari Rp 4.000-13.000.

5. Tebing Breksi

Tempat nongkrong Tebing Breksi di Jogja memiliki tampilan yang cukup unik. Wisata ini merupakan perbukitan batuan breksi. Corak indah dari bebatuan dan tebing memiliki daya tarik tersendiri. Sebelum menjadi tempat wisata, lokasi ini merupakan tempat penambangan batu alam.

Pemandangan dari puncak Tebing Breksi sangat indah. Dari puncaknya, pengunjung dapat melihat lanskap Candi Prambanan, Candi Barong, Candi Sojiwan, Gunung Merapi, Kota Yogyakarta dengan latar langit yang megah dan semakin indah ketika petang menjelang.

Fasilitas lain meliputi musholla, foodcourt, toilet, dan tempat penginapan juga tersedia di Tebing Breksi. Rute menuju Tebing Breksi tidak sulit. Lokasinya masih berada dalam satu kawasan dengan Candi Ijo. Wisatawan cukup mengikuti rute menuju Candi Ijo melalui Pasar Prambanan ke kanan menuju Piyungan.

6. Bukit Bintang

Sebagai salah satu tempat nongkrong populer, Bukit Bintang menyajikan lanskap senja dan malam yang memesona. Terletak di tepi Jalan Jogja-Wonosari, Bukit Bintang mudah diakses.

Pemandangan berlatar Gunung Merapi dan Merbabu yang megah memiliki pesona yang memukau. Ada banyak restoran yang tersedia untuk bersantap. Saat malam hari, pengunjung dapat menyaksikan gemerlap lampu di kota Jogja dari ketinggian.

Rimbunnya pepohonan dan udara yang cukup sejuk dapat membuat pengunjung betah. Bagi Anda yang berminat, terdapat ragam penginapan dengan variasi harga sesuai fasilitas.

7. Wisata Watu Amben

Terletak di Jalan Dlingo-Patuk, Area Kebun, Srimulyo, Kec. Piyungan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Watu Amben merupakan wisata kuliner dan alam. Pengunjung dapat menikmati pesona kota Jogja dari ketinggian.

Waktu terbaik untuk berkunjung ke Watu Amben adalah saat matahari terbenam dan terbit. Semburat cahaya yang menghias langit dengan warna lembayung yang indah cocok dijadikan objek foto.

Banyak terdapat pepohonan yang menambah suasana tenteram dan sejuk sehingga nongkrong terasa lebih asyik.

8. Bukit Tompak

Nongkrong di Bukit Tompak menjadi pilihan bagi banyak warga Jogja. Letaknya di Jalan Sumur Bandung, Cikal, Srimulyo, Kecamatan Piyungan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Perbukitan yang rimbun dan hijau, serta suasana yang damai membuat tempat nongkrong ini cocok untuk mencari inspirasi atau sekadar menyendiri untuk menghilangkan stres. Lokasi ini juga merupakan destinasi populer bagi para pesepeda.

Ada beberapa spot foto bagi penggemar selfie, seperti replika helikopter, gazebo, dan area tebing yang diberi pagar. Untuk melepas lapar dan dahaga, tersedia beberapa warung yang menyajikan makanan dan minuman.

9. Pawon Purba

Pawon Purba terletak di Nglanggeran Kulon RT 14/03, Desa Nglanggeran, Patuk, Gunungkidul, Yogyakarta. Tempat nongkrong ini menyediakan menu makanan khas pedesaan dengan pemandangan alam yang sangat indah.

Letaknya dikelilingi pepohonan dan sawah yang hijau menciptakan suasana damai. Udara segar di kawasan ini cocok untuk pilihan akhir pekan atau liburan yang menyenangkan. Tentunya, banyak spot foto yang dapat dijadikan latar untuk mengabadikan momen.

Desain bangunan Pawon Purba memiliki aspek tradisional, sehingga menambah kesan kuno yang asri. Pengunjung juga dapat turun ke sawah untuk mengambil foto atau bersenang-senang.

10. Warung Layar Sentuh

Dengan suasana pedesaan Sleman, Warung Layar Sentuh merupakan tempat nongkrong di Jogja yang dikelilingi area sawah. Lokasinya berada di Jalan Palem Raya, Tambakan, Sinduharjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Disini, tersedia ragam menu makanan dan minuman yang murah. Warung Layar Sentuh buka setiap hari dan siap menyambut pelanggan mulai pukul 07.00 hingga 23.00 WIB. Ada area indoor dan outdoor yang nyaman untuk nongkrong.

Bangunan yang didesain dengan konsep terbuka menghadirkan cahaya alami yang membuat nyaman, cocok untuk Anda yang hobi swafoto, nih. Bagian outdoor dilengkapi dengan lesehan menggunakan bean bag sehingga membuat betah untuk nongkrong.

Itulah rekomendasi tempat nongkrong di Jogja yang dapat Anda kunjungi. Jangan lupa selalu jaga kebersihan dan mematuhi protokol kesehatan saat berkunjung.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait