9 Tempat Wisata di Pacitan dengan Keindahan Alam yang Memukau

Image title
30 September 2021, 19:48
Pesona pantai Srau, salah satu tempat wisata di Pacitan
pringkuku.pacitankab.go.id
Pesona wisata pantai Srau yang terletak di Kabupaten Pacitan

Diberi julukan Kota Seribu Gua, keindahan tempat wisata di Pacitan selalu menarik untuk dikunjungi. Alasan dibalik julukan tersebut adalah jumlah gua yang banyak di Pacitan. Lokasinya yang dekat dengan laut juga menarik karena terdapat banyak pantai dengan pemandangan mengagumkan.

Bappeda Jawa Timur menjelaskan melalui situsnya bahwa 85% area Pacitan terdiri dari perbukitan dan pegunungan. Tak heran jika banyak ditemukan wisata alam yang memesona. Perbukitan karst yang indah menyebar di sepanjang pantai Pacitan menjadi daya tarik bagi wisatawan.

Dari data Dinas Kebudayaan Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, jumlah wisatawan di Kabupaten Pacitan mencapai 2.305.119 orang pada tahun 2019. Terdiri dari  terdiri dari 1.211 wisatawan mancanegara dan 2.303.908 wisatawan domestik.

Akibat pandemi, sektor pariwisata di Pacitan terkena dampak yang merugikan. Tetapi, saat ini Pacitan berstatus PPKM Level 3 sesuai Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 38 Tahun 2021. Dilansir dari situs Kominfo Jawa Timur, pemerintah kabupaten Pacitan kini tengah mempersiapkan pembukaan tempat wisata.

Bagi Anda yang berencana berkunjung, berikut rekomendasi tempat wisata di Pacitan.

1. Pantai Srau

Wisata Pantai Srau terletak di Dusun Srau, Desa Candi, Kecamatan Pringkuku, Pacitan. Ombak di pantai Srau cocok untuk Anda yang gemar berselancar. Pasir pantai ini bersih dan lembut sehingga nyaman dilihat.

Daya tarik lain dari pantai Srau adalah perbukitan di sekitar pantai yang mempercantik pemandangan. Jika air sedang surut, pengunjung bisa berjalan kaki menuju bebatuan untuk mencari spot foto terbaik.

Bagi Anda yang suka berkemah, pantai Srau merupakan tempat yang cocok untuk mendirikan tenda dan menginap ditemani deburan ombak dan hamparan laut biru. Pantai Srau berjarak kurang lebih 25 km dari kota Pacitan. Butuh waktu sekitar 1,5 jam menggunakan kendaraan bermotor untuk sampai ke lokasi.

2. Gua Luweng Jaran

Gua Luweng Jaran
Gua Luweng Jaran (kebudayaan.kemdikbud.go.id)

Gua Luweng Jaran memiliki panjang total mencapai 24 km. Lokasi gua ini terletak di Kecamatan Punung, Pacitan, Jawa Timur. Ditemukan pertama kali oleh penduduk setempat, gua Luweng Jaran kemudian dieksplorasi oleh tim Ekspedisi Gabungan Anglo-Australia yang didampingi oleh penjelajah Gua Indonesia pada tahun 1984.

Keunikan Luweng Jaran ini dapat dinikmati dari kemegahannya. Pintu masuk gua Luweng Jaran berupa celah sempit di aliran sungai sehingga berbahaya jika dimasuki pada saat musim hujan.

Dilansir dari situs Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), gua Luweng Jaran termasuk dalam kategori gua vertikal sehingga diperlukan keahlian khusus seperti Single Rope Technique (SRT) untuk dapat menikmati keindahannya.

Gua ini terdiri dari dua pitch, yang pertama tingginya kurang lebih 8 m. Sementara pitch kedua tingginya mencapai sekitar 25 m. Gua Luweng Jaran dikenal juga sebagai gua labirin karena jalanannya bercabang dan bergradasi. Disarankan untuk membawa peta gua atau meninggalkan penanda agar tidak tersesat dalam aktivitas di gua ini.

3. Pantai Teleng Ria

Di Pacitan terdapat pantai yang jaraknya hanya sekitar 3,5 km dari pusat kota sehingga mudah diakses bernama Pantai Teleng Ria. Pantai berpasir putih ini cocok dijadikan destinasi wisata dadakan karena dekat dengan kota.

Beberapa pengunjung sering berselancar di pantai untuk memanfaatkan ombak yang tinggi. Tempat ini juga sering dijadikan tempat bagi para pemula yang belajar berselancar. Selain berselancar, Anda juga bisa jalan santai menyusuri pantai.

Jika Anda ingin melihat aktivitas memancing para nelayan Anda bisa berjalan kaki ke pantai bagian barat. Di sana, terdapat banyak perahu dan nelayan yang melakukan berbagai aktivitas.

Pantai Teleng Ria yang diapit oleh pegunungan ini terlihat indah, terutama saat matahari terbenam. Berkunjung ke pantai ini cocok bagi Anda yang sibuk karena dekat dengan kota.

4. Pantai Watu Karung

Pantai Watu Karung yang terletak di daerah Pringkutung, Pacitan. Pantai ini memiliki ombak yang bagus untuk peselancar. Bagi yang hobi memancing, pantai Watu Karung juga patut dicoba karena terdapat sejumlah ikan di lautnya.

Kejernihan air laut berwarna biru berpadu dengan pasir pantai yang putih mempercantik panorama pantai ini. Perbukitan sekitar menambah kemegahan pantai dan pepohonan hijau menyajikan kesejukan.

Untuk mencapai Pantai Watu Karung, kendaraan roda dua dan empat bisa digunakan. Hanya saja, Anda perlu waspada karena akses jalan menuju pantai ini cukup menantang. Perjalanan dari pusat kota dapat berjarak sekitar 40 kilometer. Bagi pengunjung yang menggunakan sepeda motor, kendaraannya bisa dibawa hingga ke tepi pantai.

Walau aksesnya yang cukup sulit, semua akan terbayarkan ketika memandang keindahan pantai Watu Karung. Pengunjung juga dapat menginap di tempat yang tersedia, seperti cottage dan homestay yang dikelola oleh penduduk setempat sendiri.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...