Tata Cara Sholat Dhuha Lengkap dengan Niat, Doa, dan Keutamaan

Image title
12 Oktober 2021, 11:57
Ilustrasi seorang pria menunaikan tata cara sholat dhuha
Michael Burrows/Pexels
Ilustrasi seorang pria menunaikan tata cara sholat dhuha

Ajaran agama islam menganjurkan untuk melakukan sholat sunnah dhuha sebagai pelengkap sholat wajib. Dhuha diartikan sebagai naiknya matahari sampai condong ke sebelah barat. Sholat dhuha dapat dilaksanakan sebagai sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah Swt.

Sholat dhuha termasuk dalam sholat sunah yang dapat dilakukan sebagai penyempurna kekurangan dalam sholat wajib. Rasulullah menjelaskan keutamaan sholat sunah dalam hadis berikut.

Advertisement

"Sesungguhnya yang pertama kali dihisab pada diri hamba pada hari kiamat dari amalannya adalah sholatnya. Bila sempurna maka ia telah lulus dan beruntung, dan bila rusak atau kurang sempurna maka ia akan kecewa dan rugi. Jika terdapat kekurangan pada sholat wajibnya, maka Allah berfirman: 'Perhatikanlah kalau-kalau hamba-Ku ada sholat sunah, maka cukupkanlah dengan sholat sunahnya sekadar apa yang menjadi kekurangan pada sholat wajibnya. Jika selesai urusan sholat, barulah amalan lainnya." (HR. Ash-habis Sunan dari Abu Hurairah RA).

Tata Cara Sholat Dhuha

Tata cara sholat dhuha adalah sebagai berikut.

  1. Niat
  2. Takbiratul Ihram
  3. Membaca surat Al Fatihah
  4. Membaca surat atau ayat Al Quran
  5. Rukuk
  6. I'tidal
  7. Sujud
  8. Duduk di antara dua sujud
  9. Sujud kedua
  10. Berdiri lagi untuk menunaikan rakaat kedua
  11. Membaca surat Al-Fatihah
  12. Membaca surat atau ayat Al-Quran
  13. Rukuk
  14. I'tidal
  15. Sujud
  16. Duduk di antara dua sujud
  17. Sujud kedua
  18. Tahuyat akhir
  19. Salam

Tata cara sholat dhuha tersebut dapat dilakukan untuk sholat dhuha dua rakaat, empat rakaat, dan seterusnya. Nabi Muhammad saw. biasanya melaksanakan sholat dhuha sebanyak empat rakaat sesuai hadis berikut.

“Dari Aisyah RA, dia berkata bahwa Rasulullah saw. biasa sholat dhuha empat rakaat. Dan beliau menambah berapa pun yang dikendaki Allah Swt.” (HR. Muslim)

Niat Sholat Dhuha

Niat sholat dhuha dalam bahasa Arab, Latin, dan artinya adalah sebagai berikut.

اُصَلِّى سُنَّةَ الضَّحٰى رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً ِللهِ تَعَالَى

Ushalli Sunnatadh-dhuhaa rak'ataini lillaahi ta'aalaa.

Artinya: "Aku niat sholat sunat dhuha dua rakaat, karena Allah ta'ala."

Doa Setelah Sholat Dhuha

Berikut bacaan doa setelah sholat dhuha dikutip dari buku “Panduan Lengkap Shalat, Doa, Zikir & Shalawat” oleh Ustadz Enjang Burhanudin Yusuf, M.Pd.

اَللّٰهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَاَللّٰهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

Allahumma innad-duhaa'a duhaa'uka wal bahaa'a bahaa'uka wal jamaala jamaaluka wal quwwata quwwatuka wal-qudrota qudratuka wal 'ismata 'ismatuka. Allaahumma in kaana rizqii fis-samaa'i fa anzilhu, wa in kaana fil ardi fa akhrijhu, wa in kaana mu'assiran fa yassirhu, wa in kaana haraaman fa tahhirhu wa in kaana ba'iidan fa qarribhu. Bi haqqi duhaa'ika wa bahaa'ika wa jamaalika wa quwwatika wa qudratika, aatinii maa ataita 'ibaadakash-shalihiin.

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu, Ya Allah, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, keagungan-Mu, keindahan-Mu dan kekuatan-Mu, berikanlah kepadaku apa yang Engkau berikan kepada hamba-hambaMu yang shalih."

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement