99 Asmaul Husna dan Artinya dalam Bahasa Indonesia

Image title
14 Oktober 2021, 12:50
Sejumlah warga memasuki Masjid Asmaul Husna, Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Banten, Sabtu (24/4/2021). Masjid tersebut menjadi salah satu destinasi wisata religi karena dianggap memiliki arsitektur unik di mana pada dinding bagian luar dipenuhi 99 nama
ANTARA FOTO/Fauzan/foc.
Sejumlah warga memasuki Masjid Asmaul Husna, Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Banten, Sabtu (24/4/2021). Masjid tersebut menjadi salah satu destinasi wisata religi karena dianggap memiliki arsitektur unik di mana pada dinding bagian luar dipenuhi 99 nama Allah SWT atau Asmaul Husna menggunakan ornamen kaligrafi Arab tertua yaitu kaligrafi kufi.

Agama Islam mengajarkan bahwa Allah Swt. memiliki 99 nama sebagaimana tercantum dalam Al-Quran. Setiap nama tersebut menjelaskan sifat Allah Swt. yang baik dan indah, sehingga membuat umat Islam lebih mudah memahami.

Allah Swt. mempunyai 99 nama yang disebut Asmaul Husna. Hal tersebut dijelaskan dalam dalam Al-Quran surat Al-A’Raf ayat 180.

Advertisement

وَلِلّٰهِ الْاَسْمَاۤءُ الْحُسْنٰى فَادْعُوْهُ بِهَاۖ وَذَرُوا الَّذِيْنَ يُلْحِدُوْنَ فِيْٓ اَسْمَاۤىِٕهٖۗ سَيُجْزَوْنَ مَا كَانُوْا يَعْمَلُوْنَ ۖ

Artinya:

“Dan Allah memiliki Asmaul Husna (nama-nama yang terbaik, maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebutnya Asmaul Husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyalah artikan nama-nama-Nya. Mereka kelak akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan.” (QS. 7:180)

Mengenal Asmaul Husna

Haffi dan Rusyadi dalam “Kamus Arab Inggris Indonesia” menjelaskan, kata Asmaul Husna berasal dari bahasa Arab yang merupakan gabungan dari dua kata yaitu al-Asma’ dan al-Husna. Al- Asma’ berarti nama. Sedangkan al-Husna artinya baik dan bagus.

Dapat disimpulkan, arti Asmaul Husna adalah nama-nama Allah yang paling baik dan bagus. Dari situs Kementerian Agama, Asmaul Husna dijelaskan sebagaimana sabda Rasulullah saw. berikut:

"Sesungguhnya Allah mempunyai sembilan puluh sembilan nama, seratus kurang satu, barangsiapa menghafalnya masuklah dia ke surga." (HR.Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah

Mengetahui dan mempelajari Asmaul Husna beserta artinya merupakan cara yang dapat dilakukan oleh para muslim untuk lebih dekat dengan Allah Swt. Asmaul Husna dapat diucapkan sebagai zikir dan doa untuk perlindungan, ketenangan, dan sebagainya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement