5 Manfaat Buah Apel untuk Ibu Hamil dan Kesehatan Anak

Image title
27 Oktober 2021, 13:52
Ilustrasi buah apel. Berbagai nutrisi di dalamnya berkontribusi dalam manfaat buah apel untuk ibu hamil
Unsplash/Priscilla Du Preez
Ilustrasi buah apel. Berbagai nutrisi yang terkandung berkontribusi dalam manfaat buah apel untuk ibu hamil

Selama masa kehamilan, kesehatan ibu dan janin sangat penting untuk diperhatikan. Memenuhi asupan gizi yang cukup dapat bermanfaat dalam jangka panjang. Oleh karena itu, pola makan ibu hamil harus diatur agar seimbang.

Dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 41 Tahun 2014 tentang Pedoman Gizi Seimbang, ibu hamil membutuhkan zat gizi yang lebih banyak dibandingkan dengan keadaan tidak hamil. Hal ini disebabkan karena selain untuk ibu, zat gizi juga dibutuhkan bagi janin.

Advertisement

Janin tumbuh dengan mengambil zat-zat gizi dari makanan yang dikonsumsi oleh ibu dan dari simpanan zat gizi yang berada di dalam tubuh ibu. Ibu hamil harus menambah jumlah dan jenis makanan yang dimakan untuk mencukupi kebutuhan bayi dan ibu.

Mengonsumsi buah-buahan saat hamil sangat baik untuk memenuhi asupan nutrisi. Dalam PMK No.14/2014 juga dijelaskan, buah berwarna merupakan sumber vitamin yang baik bagi tubuh dan buah yang berserat karena dapat melancarkan buang air besar sehingga mengurangi resiko sembelit.

Salah satu buah untuk ibu hamil yang memiliki serat dan vitamin adalah apel. Menurut data Departemen Pertanian Amerika Serikat, 100 gram apel mengandung 2.4 gram serat. Vitamin yang terkandung dalam apel antara lain adalah vitamin C dan vitamin B.

Beberapa manfaat buah apel untuk ibu hamil meliputi:

1. Mencegah terjadinya asma pada anak setelah lahir

Konsumsi apel selama kehamilan mungkin memiliki efek perlindungan terhadap perkembangan asma dan penyakit alergi pada anak setelah lahir, menurut publikasi dalam jurnal “Thorax” oleh S.M. Willers, dkk.

Anak yang lahir dari ibu yang makan apel sebanyak lebih dari empat apel dalam waktu seminggu, memiliki risiko 27% lebih rendah untuk mengalami sesak napas.

Ibu hamil yang mengonsumsi apel juga mengurangi sekitar setengah risiko asma pada anaknya dibandingkan ibu hamil yang makan sedikit apel atau tidak makan sama sekali.

Manfaat apel dalam mencegah asma diduga karena kandungan fitokimianya, seperti flavonoid. Flavonoid adalah senyawa polifenol dengan kapasitas antioksidan kuat dan dikaitkan dengan penurunan risiko beberapa penyakit, termasuk asma.

Asupan apel bagi ibu hamil dapat bermanfaat bagi pertumbuhan anak, terutama dalam hal mencegah asma. Menurut sebuah artikel dalam jurnal “Nutrition”, apel dikaitkan dengan risiko asma yang lebih rendah dan peningkatan fungsi paru-paru.

2. Mendukung kesehatan jantung

Buah apel bermanfaat untuk mendukung kesehatan jantung. Apel adalah sumber polifenol dan serat, menurut Athanasios Koutsos, dkk. dalam jurnal “Nutrients”. Penelitian telah mengidentifikasi apel sebagai penurun risiko penyakit kronis, seperti penyakit jantung.

Studi lain yang dipresentasikan dalam acara Experimental Biology 2011 mengungkapkan, makan satu atau dua apel setiap hari dapat mengurangi faktor risiko penyakit jantung, karena apel kaya akan pektin yang menghambat penyerapan kolesterol di usus.

Dr. Lara A. Friel , MD, PhD dalam msdmanuals.com menjelaskan, kehamilan mengharuskan jantung bekerja lebih keras. Akibatnya, kehamilan dapat memperburuk atau menyebabkan gangguan jantung.

Menurut Mayo Clinic, kehamilan menekan jantung dan sistem peredaran darah. Selama kehamilan, volume darah ibu hamil meningkat dari 30 hingga 50 persen untuk memberi makan bayi yang sedang tumbuh.

Oleh sebab itu, mengonsumsi apel selama kehamilan sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung ibu hamil.

3. Menurunkan kolesterol

Saat hamil, kolesterol dalam darah menjadi naik. Menurut studi dalam “Obstetric Medicine” oleh Änne Bartels, dkk., peningkatan konsentrasi progesteron pada ibu hamil berkontribusi pada peningkatan kadar kolesterol LDL (low-density lipoprotein).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement