6 Manfaat Jeruk untuk Kesehatan Terbukti dalam Penelitian

Image title
28 Oktober 2021, 08:40
Manfaat jeruk untuk kesehatan termasuk menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko batu ginjal
Unsplash/J. Kelly Brito
Manfaat jeruk untuk kesehatan termasuk menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko batu ginjal

Buah jeruk umum dikonsumsi oleh banyak orang. Setiap varian memiliki ciri khas tersendiri, mulai dari warna, rasa, tekstur buah, dan sebagainya. Jeruk adalah buah dari tanaman dengan genus Citrus.

Awalnya, buah jeruk adalah genus kecil dan terdiri dari jeruk mandarin (Citrus reticulata) asli Cina, jeruk Bali atau pomelo (Citrus maxima) yang tumbuh di Malaysia dan kepulauan Melayu, dan jeruk limau (Citrus medica) yang berasal dari lereng Himalaya di India Utara, menurut “The Land Where Lemons Grow: The Story of Italy and Its Citrus Fruit” oleh Helena Attlee.

Manfaat buah jeruk telah dikenal sejak zaman dahulu. Dalam buku “Herbal Drugs and Phytopharmaceuticals” oleh Franz-Christian Czygan, pengobatan tradisional Cina menggunakan buah jeruk yang belum matang.

Jeruk tersebut digunakan untuk mengobati gangguan pencernaan, distensi perut, dan tenesmus (rasa tidak nyaman karena selalu ingin buang air besar) pada disentri atau sembelit. Dalam dunia modern, buah jeruk telah diteliti dan mengandung sejumlah manfaat kesehatan.

Manfaat Jeruk untuk Kesehatan

Sejumlah manfaat buah jeruk untuk kesehatan meliputi:

1. Jeruk kaya akan vitamin C

Manfaat jeruk terletak pada kandungan vitamin C yang berlimpah untuk kesehatan. Satu jeruk dengan berat 100 g mengandung 58.30 mg vitamin C, menurut publikasi dalam “International Food Research Journal 24(2): 726-733 (April 2017)”.

Vitamin C berfungsi dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan, seperti pencegahan penyakit kudis dan kanker, melegakan flu, merangsang sintesis kolagen, dan memainkan peran penting dalam proses penyembuhan luka.

Manfaat vitamin C meliputi membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Artikel dalam jurnal “Nutrients” menemukan vitamin C dapat membantu sel-sel tubuh melawan penyakit, termasuk mengurangi dampak polusi udara dan mencegah infeksi akut.

Vitamin C juga memiliki sifat antioksidan dan menghambat radikal bebas agar tidak teroksidasi sehingga dapat mencegah kerusakan sel. Tubuh manusia tidak dapat mensintesis pasokan vitamin C. Oleh sebab itu, mengonsumsi buah jeruk membantu untuk memenuhi asupan vitamin C yang dibutuhkan.

2. Menurunkan tekanan darah

Manfaat jeruk lainnya adalah membantu tubuh menurunkan tekanan darah tinggi. Fakta tersebut tercantum dalam jurnal “ARYA Atherosclerosis 9(1) Januari 2013”.

Sebuah studi mengukur tekanan darah peserta yang mengonsumsi jus jeruk selama empat minggu. Hasilnya, tekanan darah mereka berkurang hingga 5,13%.

Penelitian lain dalam “European Journal of Nutrition 60:1277–1288 (Juli 2020)” menyimpulkan, jus jeruk mengandung hesperidin yang efektif menurunkan tekanan darah sistolik pada orang yang pra-hipertensi atau hipertensi stadium-1.

Orang dengan hipertensi yang minum dua gelas jus jeruk sehari memiliki tekanan darah yang lebih rendah setelah 12 minggu.

"Yang menarik dari penelitian ini adalah untuk membantu mengidentifikasi bahwa hesperidin, senyawa tanaman  yang ditemukan dalam buah jeruk, berpotensi menjadi kontributor utama dalam manfaat jeruk untuk tekanan darah," kata Gail Rampersaud, RDN, ahli gizi diet dari Florida Department of Citrus, dalam verywellhealth.com.

3. Baik untuk kesehatan jantung

Kandungan hesperidin berkontribusi dalam manfaat jeruk untuk kesehatan jantung. Hesperidin dalam buah jeruk adalah agen terapeutik potensial yang mampu memodulasi beberapa faktor risiko penyakit kardiovaskular.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...